Sukses

Bra Terlalu Ketat, Ini Dampaknya pada Payudara

Mengenakan bra terlalu ketat bisa berbahaya bagi payudara. Ini dampaknya.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak wanita yang menganggap bahwa mengenakan bra yang ketat dapat membuat payudara terlihat penuh dan indah. Padahal, Anda justru bisa membahayakan payudara jika melakukannya.

Berikut ini beberapa masalah yang dapat terjadi pada payudara jika Anda mengenakan bra yang terlalu ketat:

Penyumbatan limfatik (getah bening)

Pemakaian bra yang ketat dapat meningkatan risiko penyumbatan limfatik di sekitar payudara yang akan menyebabkan pengumpulan carian di sekitar payudara. Akibatnya terjadi pembengkakan (edema) dan timbullah rasa nyeri.

Iritasi kulit

Mengenakan bra yang terlalu ketat bisa membuat kulit di sekitar payudara menjadi iritasi dan dibarengi keringat yang berlebihan.

Gangguan sirkulasi darah di sekitar payudara

Mengenakan payudara yang terlalu ketat dapat menyebabkan penekanan pada pembuluh darah dan saraf di area lengan. Hal ini membuat sirkulasi darah di sekitar payudara akan terhambat.

Gangguan pernapasan

Gangguan pernapasan akibat mengenak bra yang terlalu ketat terjadi karena adanya penekanan tulang, otot iga di daerah dada. Begitu juga pada diafragma yang merupakan bagian tubuh yang berperan dalam sistem pernapasan.

Gangguan konstipasi

Gangguan konstipasi dapat karena bra yang terlalu ketat dapat menekan diafragma yang berisi organ-organ pencernaan.

Lipoma

Bra yang terlalu ketat dapat menyebabkan benjolan di kulit seperti lipoma karena kait bra yang menekan bagian kulit.

Nyeri punggung

Pemakaian bra yang ketat menyebabkan daerah bahu tidak dapat menyangga payudara dengan baik sehingga menyebabkan penegangan di daerah leher dan punggung .

Mengetahui banyaknya masalah yang ditimbulkan akibat pakai bra terlalu ketat, apakah Anda masih ingin memakainya? Jagalah kesehatan payudara. Jangan lupa, bagian tubuh Anda yang satu ini memiliki peran yang luar biasa penting yaitu sebagai penghasil ASI.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar