Sukses

Tipe Pria Manakah Anda, Alfa atau Beta?

Ada beberapa tipe pria, yaitu alfa, beta, gama, dan omega. Anda masuk tipe kepribadian yang mana?

Tipe-tipe pria memang menarik untuk dibahas, termasuk soal kepribadian yang istilahnya diambil dari kerajaan hewan, yakni alfa, beta, gama, dan omega.

Istilah pada hewan tersebut lama kelamaan disandingkan pada manusia, dicocokkan berdasarkan karakter masing-masing. Sebab pada dasarnya, manusia dan hewan (terutama yang hidup dalam struktur sosial) memiliki kecenderungan yang mirip.

Dari alfa hingga omega, berikut penjelasan mengenai empat tipe kepribadian pria. 

1 dari 5 halaman

1. Pria Alfa

Alfa sebenarnya merupakan istilah yang menandakan posisi jantan dan paling berkuasa di kerajaan hewan. Karena menandakan jantan, pria dengan tipe kepribadian ini menjadi idaman kebanyakan wanita.

Tipe kepribadian pria yang satu ini umumnya dapat Anda temukan sebagai karakter tokoh utama pria di film, sinetron, atau novel romantis.

Artikel Lainnya: Cara Menjadi Pria Perkasa

Pria alfa sangat pandai berbicara, memiliki kepercayaan diri yang tinggi, intelektualitas, dan karisma tersendiri. Kualitas ini membuatnya mudah disukai oleh banyak orang. Karena itu, tak heran pria alfa memiliki banyak teman dan cenderung menjadi pemimpin.

Berdasarkan kemampuannya dalam bergaul, pria alfa umumnya selalu berhasil, baik dalam hal yang bersifat personal maupun profesional. Tak heran bila pria dengan tipe kepribadian ini memiliki banyak musuh.

Namun, pria alfa cenderung arogan, agak agresif, keras kepala, dan suka memegang kendali.

2 dari 5 halaman

2. Pria Beta

Berbeda dari pria alfa, pria beta cenderung lebih pemalu dan introvert. Tipe kepribadian pria ini juga sering merasa kurang yakin dengan berbagai keputusan dan komitmen yang akan dibuatnya.

Oleh karenanya, tak salah bila pria beta dianggap sebagai pria baik-baik yang lebih suka mengalah dan menghindari konflik.

Meski pria alfa dan pria beta sama-sama mudah bergaul, pria beta cenderung lebih peka dan perasa. Tipe kepribadian pria yang satu ini juga bisa diandalkan. Karena itu, pria beta mampu mengerjakan tugas dan instruksi yang diberikan kepadanya dengan baik.

Artikel Lainnya: Cek di Sini, Ini Alasan Mengapa Pria Jago Berbohong

Hanya saja, tidak seperti pria alfa yang sukses berkat kepercayaan dirinya yang tinggi, tipe kepribadian pria beta tidak suka terlalu menonjolkan diri. Oleh karena itu, tipe ini cenderung menjadi follower (pengikut) dari pria alfa.

3 dari 5 halaman

3. Pria Gama

Tidak ada ciri khas yang terlalu spesial dari pria gama. Namun, tipe kepribadian pria yang satu ini umumnya dapat berbaur dengan baik dalam pergaulan. Selain itu, tipe pria ini juga tidak terlibat masalah dengan sesama pria maupun wanita.

Namun sayangnya, pria gama cenderung tidak mau repot untuk melakukan usaha lebih demi mencapai keinginannya. Walaupun dia sendiri menyadari bahwa usaha tersebut penting dilakukan.

Positifnya, tipe kepribadian pria yang satu ini tidak pantang menyerah. Dia juga akan menyelesaikan segala urusannya dengan cepat, meskipun tidak berusaha lebih keras untuk menyelesaikannya.

Pria gama adalah orang yang fleksibel. Pada suatu kondisi, dia bisa menjadi pengikut. Namun, jika keadaan mendesak, tipe pria ini juga dapat menjadi pemimpin dadakan.

Artikel Lainnya: Begini Tipe Kepribadian Anak Menurut Urutan Kelahirannya

4 dari 5 halaman

4. Pria Omega

Meskipun tidak tertarik untuk menjadi pemimpin atau pengikut, pria omega adalah seorang yang percaya diri, cerdas, dan memiliki karisma tersendiri—sedikit banyak mirip seperti pria alfa.

Tipe kepribadian pria omega umumnya tidak terlalu suka dikerumuni oleh banyaknya pertemanan dan hubungan sosial. Walau demikian, mereka memiliki beberapa teman dekat yang benar-benar dapat percaya.

Jadi, pria omega lebih sering menyelesaikan urusannya sendiri, tidak bekerja dalam tim. Ketika dia berhasil, barulah pria omega akan menunjukkannya kepada rekannya.

Sayangnya, tipe kepribadian pria yang satu ini umumnya tidak menyadari letak kesalahannya. Oleh sebab itu, ketika ada suatu hal yang meleset dari perkiraan, dia akan menganggap hal itu sebagai kesalahan orang lain.

Nah, itulah beberapa tipe kepribadian pria. Baik kepribadian alfa, beta, gama, ataupun omega, masing-masing memiliki keunikan, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing. Lalu, termasuk tipe manakah Anda? Alfa yang menonjol, atau malah omega yang suka menyendiri?

Informasi menarik lainnya seputar kesehatan dapat Anda peroleh di aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung kepada dokter melalui fitur Live Chat 24 jam. Jangan lupa unduh aplikasinya, ya!

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar