Sukses

Asah Kemampuan Otak dengan Bermain Uno

Tidak hanya sekadar membunuh waktu, ternyata bermain uno juga dapat mengasah kemampuan otak!

Klikdokter.com, Jakarta Bermain uno merupakan kebiasaan yang sering dilakukan kaum muda di waktu senggang. Selain dapat menangkis rasa jenuh, ternyata permainan uno juga dapat mengasah kemampuan otak, lho!

Ya, bermain uno dapat mengasah working memory. Ini adalah proses kemampuan berpikir yang membantu manusia untuk mengingat kembali dan menahan informasi di dalam pikiran, mengikuti peraturan yang bertingkat, serta memecahkan masalah.

Bermain uno dikatakan dapat mengasah working memory karena kondisi kartu sangat bervariasi. Hal ini menuntut pemainnya untuk menghafal setiap kartu dan fungsinya selama permainan berlangsung.

Di setiap giliran, para pemain uno pun harus memikirkan strategi yang tepat agar lawan main tidak menang dengan mudah.

Jadi, jika anak Anda terbiasa bermain uno, maka ia akan terbiasa untuk menyusun langkah-langkah untuk menyelesaikan kewajibannya. Selain itu ia juga dapat memprediksi apa yang terjadi jika dirinya terlewat 1 langkah.

Selain melatih working memory, bermain uno juga dapat mengasah fleksibilitas. Ini karena permainan uno menuntut pemainnya untuk beradaptasi serta menyesuaikan diri dengan situasi dan kenyataan yang selalu berganti.

Sebab, alur permainan uno dapat berubah kapan saja. Hal ini karena di dalam uno terdapat kartu spesial, yang dapat mengubah alur permainan sepenuhnya. Nah, dengan berusaha untuk tetap ‘mengalir’ dan ‘bertahan hidup’ di situasi ini, para pemain sekaligus mengasah fleksibilitas dirinya.

Pada dasarnya, bermain uno tidak bisa menggunakan strategi yang sama terus-menerus. Karena itulah pemain dituntut untuk menyesuaikan langkah berikutnya dengan strategi yang baru.

Artinya, jika anak Anda bermain uno, maka kemampuannya untuk menghadapi suatu kondisi yang terus berganti setiap hari akan semakin meningkat. Dengan demikian kemampuan anak untuk mengatur dan menyesuaikan perilaku dengan kondisi yang dialaminya juga semakin baik.

Lebih dari sekedar hiburan, ternyata bermain uno juga dapat mengasah kemampuan otak. Tertarik untuk mencoba permainan ini?

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar