HomeInfo SehatPencernaanManfaat Jagung bagi Pencernaan Anda
Pencernaan

Manfaat Jagung bagi Pencernaan Anda

dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc, 08 Jun 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Selain rasanya yang lezat, jagung ternyata mengandung banyak nutrisi dan manfaat bagi kesehatan pencernaan Anda.

Manfaat Jagung bagi Pencernaan Anda

Jagung disebut-sebut kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh. Berbagai nutrisi tersebut dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan pencernaan. Zat gizi apa saja sebenarnya yang dimiliki jagung?

Seperti banyak biji-bijian lainnya, jagung kaya akan karbohidrat. Sayuran yang satu ini memiliki indeks glikemik yang rendah hingga sedang. Jadi, konsumsi jagung tidak akan menyebabkan peningkatan gula darah secara mendadak.

Jagung, yang juga popular dengan sebutan maize ini, memiliki kandungan lemak sekitar 5–6 %. Ini menjadikannya salah satu pilihan makanan rendah lemak yang baik.

Tak berhenti sampai di situ, jagung juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik. Berikut adalah beberapa mikronutrien yang terdapat pada jagung:

  1. Fosforus

Ditemukan dalam kandungan yang cukup tinggi pada jagung, fosforus berperan dalam pertumbuhan jaringan tubuh.

  1. Magnesium

Magnesium merupakan salah satu mineral yang penting dikonsumsi dalam asupan sehari-hari. Kekurangan magnesium dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung.

  1. Folat

Juga dikenal dengan nama vitamin B9 atau asam folat, zat gizi ini baik untuk tubuh, terutama pada wanita hamil.

  1. Kalium

Kalium baik untuk dikonsumsi, dan dikenal memiliki manfaat dalam mengatur tekanan darah dan menunjang kesehatan jantung.

Melihat berbagai manfaat yang didapat dari jagung, sayuran ini dapat menjadi pilihan dalam menyajikan hidangan di rumah supaya kesehatan pencernaan Anda tetap terjaga.

(DA/ RH)

jagungpencernaanManfaat Jagung

Konsultasi Dokter Terkait