Sukses

Menyingkap Fakta di Balik Manfaat Biji Alpukat untuk Sakit Ginjal

Ada informasi yang menyebutkan, sakit ginjal bisa diatasi dengan mengonsumsi biji alpukat. Benarkah?

“Sakit ginjal, jangan buru-buru cuci darah! Biji alpukat diiris kecil-kecil lalu dijemur sampai kering (seperti kerupuk). Lalu giling sampai halus, ambil serbuknya dan seduh seolah membuat kopi atau teh. Minum tiga kali sehari hingga Anda kembali normal. Tidak ada efek samping.”

Demikian pesan berantai yang sempat beredar di masyarakat. Jika beberapa dari Anda sudah pernah mencobanya, bagaimana hasilnya? Tidak terjadi apa-apa?

Tentu saja tak terjadi apa-apa. Sebab pesan di atas hanyalah hoaks semata. Hingga kini, belum ada penelitian medis pada manusia yang membuktikan khasiat biji alpukat untuk mengobati sakit ginjal atau gagal ginjal.

 

1 dari 3 halaman

Adakah Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan?

Saat Anda membuka alpukat, sekitar 20 persen dari buah tersebut adalah bijinya yang bulat. Informasi mengenai biji alpukat memang masih terbatas, namun komposisi di dalamnya mengandung serat, asam lemak, karbohidrat, dan protein.

Selain itu, biji alpukat mengandung senyawa phytochemical yang dihasilkan dari tanaman itu sendiri.

Artikel lainnya: Haruskah Penderita Gagal Ginjal Cuci Darah Seumur Hidup?

Di Negara Nigeria, biji alpukat sudah lama dijadikan ekstrak dan dimanfaatkan untuk mengontrol tekanan darah. Lalu, penelitian dari Pennsylvania State University (Penn State) menyebutkan bahwa ekstrak biji alpukat memiliki peran anti-inflamasi dalam tubuh.

Meski penelitian masih berlanjut, ada beberapa potensi manfaat biji alpukat untuk kesehatan, yaitu:

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Limbah biji alpukat rupanya bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan pada American Scientific Research Journal, disimpulkan bahwa ekstrak biji alpukat dapat menurunkan kadar gula darah pada tikus.

2. Menurunkan Kolesterol

Biji alpukat bisa membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam penelitian yang melibatkan tikus.

3. Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

Penelitian pada hewan menunjukkan ekstrak biji alpukat bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan cara merelaksasikan pembuluh darah.

Artikel lainnya: Siapa Lebih Rentan Gagal Ginjal, Pria atau Wanita?

4. Sumber Antioksidan

Biji alpukat kaya akan polifenol, sama seperti daging buahnya. Senyawa polifenol merupakan antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya untuk menjaga fungsi sel-sel tubuh.

5. Antijamur

Dari studi tes tube yang dilakukan, biji alpukat bisa menghambat pertumbuhan jamur Candida albicans.

6. Antibakteri

Biji alpukat juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri Clostridium sporogenes pada studi tes tube.

Sampai saat ini, kebanyakan penelitian dilakukan pada hewan. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang manfaat biji alpukat untuk kesehatan tubuh manusia.

Artikel lainnya: Minum Bubble Tea Setiap Hari Bisa Sebabkan Gagal Ginjal?

2 dari 3 halaman

Lalu, Seperti Apa Pengobatan Ginjal yang Tepat?

Sakit ginjal, atau secara medis disebut gagal ginjal kronis, umumnya disebabkan hipertensi dan diabetes yang tidak terkontrol. Ini karena penyakit tersebut mengakibatkan tekanan darah terus tinggi dan/atau kondisi gula darah melampaui nilai normal, yang secara perlahan akan merusak sel-sel di ginjal secara permanen.

Bila seluruh bagian ginjal telah rusak, penderitanya masuk dalam gagal ginjal stadium akhir. Pada tahap ini, penderita perlu melakukan cuci darah atau transplantasi ginjal untuk mempertahankan hidup.

Untuk mencegah gagal ginjal stadium akhir, hal yang harus dilakukan adalah mengobati penyakit yang mendasari (hipertensi atau diabetes mellitus). Jika ini dilakukan, maka tekanan darah dan gula darah akan terkontrol, sehingga tidak merusak ginjal lebih lanjut.

Lalu, adakah obat atau zat tertentu yang terbukti bermanfaat mengembalikan fungsi ginjal? Hingga kini, obat-obatan atau zat tertentu yang terbukti bermanfaat mengembalikan fungsi ginjal pada penderita gagal ginjal kronis belum ditemukan.

Sekarang Anda sudah tahu fakta di balik biji alpukat untuk sakit ginjal. Jadi, jangan mudah percaya pada berita yang sumbernya tidak jelas, ya. Sebaiknya cari informasi kesehatan dari sumber yang jelas, akurat, dan kredibel.

Anda bisa memanfaatkan aplikasi Live Chat 24 jam dari KlikDokter untuk bertanya seputar informasi kesehatan yang akurat. Yuk, unduh sekarang juga!

[NWS/ RS]

1 Komentar