Sukses

Fakta Menarik di Balik Nikmatnya Makan Cokelat

Jangan ngaku hobi makan cokelat jika Anda belum tahu fakta di balik rasanya yang nikmat.

Klikdokter.com, Jakarta Tak sedikit orang yang gemar makan cokelat, termasuk di Indonesia. Wajar, selain nikmat, si manis yang satu ini dapat meningkatkan mood orang yang mengonsumsinya.

Sebuah studi yang meneliti para penggemar cokelat menunjukkan bahwa konsumsi makanan ini berkaitan dengan penurunan tekanan darah, risiko penyakit jantung, stres psikologis, dan berbagai kondisi kesehatan lainnya.

Dr. Owais Khawaja, seorang dokter di bidang kesehatan jantung dari St. Vincent Mercy Medical Center di Ohio, Amerika Serikat, menyampaikan bahwa cokelat merupakan antioksidan yang baik. Sebab cokelat memiliki efek antiradang, yang mencakup penurunan risiko penyakit kanker dan demensia.

Tidak Semua Cokelat Sama

Karena berbeda jenis dan cara pengolahan, tidak semua cokelat memiliki manfaat yang sama.

Kandungan antioksidan dan manfaat antiradang dari cokelat diduga terdapat dari nutrisi pada biji kokoa yang bernama flavonoid. Dikatakan bahwa semakin gelap warna cokelat, semakin tinggi pula kandungan flavonoidnya.

Namun, meski dark chocolate mengandung 70% kokoa, komponen flavonoid yang dikandungnya dapat bervariasi. Ini bergantung pada proses pengolahan yang dilakukan.
Sebagai contoh, cokelat yang telah menjalani proses dutching (proses kimiawi yang dilakukan pada sebagian jenis cokelat), umumnya telah kehilangan sebagian besar komponen flavonoid.

Selain itu, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah kandungan gula dan susu dari cokelat. Ini karena kandungan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat.

Cokelat dan Kesehatan

Hingga saat ini, manfaat cokelat bagi kesehatan belum dapat dipastikan. Para pakar mengatakan bahwa konsumsi cokelat dalam batas wajar dapat membawa beberapa manfaat baik bagi tubuh. Di sisi lain, konsumsi cokelat yang berlebihan justru membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan.

Nah, bagi Anda para penggemar cokelat, bergembiralah. Sebab ternyata ada banyak kebaikan yang diberikan makanan ini untuk Anda. Bagaimana dengan Anda yang selama ini menghindari makan cokelat? Siap mencoba manfaatnya?

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar