Sukses

Deteksi Penyakit Hati dari Warna Feses

Tahukah Anda bahwa bahwa warna feses dapat memberikan informasi terkait penyakit hati? Yuk, simak makna kesehatan di balik warna feses.

Klikdokter.com, Jakarta Feses merupakan sisa pencernaan yang dikeluarkan dari saluran pencernaan. Dalam keadaan normal, warna feses adalah kuning kecoklatan karena dipengaruhi oleh bilirubin.

Bilirubin adalah cairan yang dikeluarkan oleh hati dan masuk ke dalam saluran pencernaan. Bilirubin terbentuk dari hasil pemecahan hemoglobin (sel darah merah) di hati, kemudian dikeluarkan melalui saluran empedu dan akhirnya sampai ke saluran pencernaan.

Namun, pada beberapa keadaan seperti penyakit hati, warna feses dapat berubah. Apa saja warna feses yang bisa menandakan gangguan hati? Yuk, simak perbedaan warna feses berikut ini:

  1. Hitam

    Warna hitam menandakan adanya darah pada feses Anda. Darah tersebut berasal dari saluran pencernaan bagian atas. Biasanya perdarahan ini disebabkan oleh pengerasan hati.

    Pengerasan hati, atau dikenal dengan istilah sirosis hati, dapat menyebabkan peningkatan tekanan pembuluh darah pada saluran pencernaan atas. Pada akhirnya akan menyebabkan perdarahan saluran cerna.

  2. Pucat dempul atau putih keabu-abuan

    Warna feses berasal dari cairan empedu yang diproduksi oleh hati dan dialirkan ke saluran pencernaan melalui saluran empedu. Feses pucat dempul atau putih keabu-abuan menandakan adanya sumbatan aliran keluar empedu. Hal ini dapat disebabkan oleh batu atau keganasan sepanjang saluran empedu.

  3. Kemerahan

    Warna feses merah menandakan adanya darah segar pada feses Anda. Perdarahan biasanya terjadi pada saluran cerna bagian bawah. Penyebab yang paling sering adalah wasir yang berdarah.

    Namun, gangguan hati seperti sirosis hati juga dapat memicu perdarahan pada rektum (bagian akhir dari usus besar, sebelum anus).

Kini, Anda sudah mengetahui apa makna di balik perbedaan dari warna feses. Anda pun sudah memahami bahwa warna feses dapat memberikan informasi terkait penyakit hati. Jika Anda melihat ada perubahan warna feses, segera menghubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar