Sukses

Ini Vitamin yang Dapat Menjaga Kesehatan Hati

Hati berperan sebagai organ yang mengeluarkan sisa metabolisme di dalam tubuh. Beberapa vitamin ini membantu menjaga kesehatan hati Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Hati merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi sangat penting. Beberapa di antaranya adalah memproduksi empedu, menyimpan energi, dan memetabolisme obat. Mengabaikan kesehatan hati sama saja dengan mengundang berbagai penyakit untuk datang.

Salah satu penyakit hati yang sedang meningkat saat ini adalah perlemakan hati non alkohol, yang berhubungan dengan pola hidup tidak sehat. Karena itu, tubuh memerlukan nutrisi yang tepat untuk menjaga kesehatan hati.

Beberapa vitamin yang baik untuk kesehatan hati, yaitu:

  1. Vitamin EMeningkatnya angka kegemukan dan diabetes berimbas buruk pada kesehatan hati. Kandungan lemak hati akan meningkat dan dapat menyebabkan pengerasan hati dalam jangka panjang.Salah satu proses yang diduga berperan dalam terjadinya perlemakan hati adalah stres oksidatif. Stres oksidatif itu sendiri merupakan keadaan di mana jumlah radikal bebas di dalam tubuh melebihi kapasitas tubuh untuk menertalkannya.Dapatkah dicegah? Pemberian suplemen untuk mengurangi proses stres oksidatif dapat mengurangi risiko perlemakan hati.Beberapa penelitian menunjukkan manfaat pemberian vitamin E pada pasien dengan perlemakan hati. Vitamin E juga dapat menurunkan peradangan yang terjadi pada hati.
  2. LecithinSalah satu suplemen yang dapat dipertimbangkan pada gangguan hati adalah lecithin. Berdasarkan penelitian, pemberian lecithin dapat menurunkan tingkat kerusakan hati pada tikus dengan gangguan hati kolestasis atau aliran empedu tidak lancar.Pemberian lecithin dapat menurunkan berbagai parameter kerusakan hati seperti enzim hati dan bilirubin.
  3. SilymarinSilymarin, senyawa yang diekstraksi dari biji Silybum Marianum, memiliki manfaat dalam menangani gangguan perlemakan hati. Konsumsi silymarin dapat menurunkan peradangan dan kejadian perlemakan hati.Silymarin juga tidak memberikan efek samping yang signifikan dalam pengobatan gangguan hati.

Kini, Anda sudah tahu betapa pentingnya organ hati, bukan? Untuk membantu menjaga kesehatan hati, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat. Beberapa vitamin juga dapat membantu menjaga kesehatan hati.

Salah satu suplemen untuk menjaga kesehatan hati yang bisa Anda coba adalah Hepamax. Suplemen ini mengandung silymarin, schizanra, pure lecithin, dan vitamin E. Komposisi per kapsul lunaknya yaitu 100 mg silymarin, 375 mg schizanra, 150 mg pure lecithin, dan 5 mg vitamin E. Satu botol Hepamax berisi 30 kapsul lunak.

Nah, tak terlalu sulit kan menjaga kesehatan hati? Jaga pola hidup Anda agar tetap sehat dan lengkapi dengan suplemen pendukung bila perlu.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar