Sukses

Berapakah Berat Badan Ideal Anak di Usia 3 tahun?

Berat badan merupakan salah satu indikator pertumbuhan anak yang paling mudah diukur. Berapa berat badan ideal untuk anak usia 3 tahun?

Klikdokter.com, Jakarta Anak-anak yang memiliki berat badan ideal cenderung lebih sehat, lebih cepat belajar, dan peluang mengalami gangguan kesehatan di masa depan pun lebih kecil. Anak yang didorong orangtuanya agar aktif dan memiliki pola makan yang baik akan memiliki berat badan dan pertumbuhan yang sehat.

Para pakar telah mengembangkan cara mudah untuk mengetahui apakah berat badan anak sesuai dengan usianya. Di Indonesia, referensi yang digunakan untuk mengetahui berat badan anak ialah dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Berdasarkan kurva pertumbuhan WHO, berat badan ideal anak 3 tahun adalah 12,1 –15,9 kg untuk perempuan dan 12,7–16,3 kg untuk laki-laki. Rata-rata berat badan anak akan bertambah sekitar 1,8–2 kg dari tahun kedua, bila pertambahan berat badan kurang dari 1 kg, Anda perlu waspada adanya gangguan pertumbuhan.

Perlu diingat bahwa pertumbuhan anak dipengaruhi oleh kecukupan zat gizi, jumlah waktu tidur, aktifitas fisik, dan stimulasi lingkungan. Setiap anak juga memiliki kecepatan pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda-beda, yang sangat dipengaruhi oleh faktor genetik.

Jadi bila berat badan anak Anda tidak berada di dalam rentang ideal, belum tentu tergolong kurang gizi atau sebaliknya gemuk.
Untuk meniliai pertumbuhannya memang tidak bisa hanya menggunakan berat badan. Diperlukan data lain seperti tinggi badan dan lingkar kepala untuk menentukan status gizi anak dengan lebih akurat.

Namun, berat badan anak yang kurang atau terlalu berlebih, atau bila laju pertumbuhannya tidak normal dapat menunjukkan adanya kondisi medis atau kelainan genetik tertentu.

Karena itu, penting bagi para orang tua untuk selalu rutin mencatat rekam jejak pertumbuhan anak. Bila ditemukan berat badan dan pola pertumbuhan anak yang tidak wajar dapat segera berkonsultasi dengan dokter.

Untuk menentukan berat badan ideal anak usia 3 tahun memang dapat dilakukan dengan menggunakan panduan kurva pertumbuhan WHO. Tapi ingat, untuk menilai pertumbuhannya dengan akurat, diperlukan data penunjang lain.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar