Sukses

4 Kiat Mencegah Bibir Kering

Khawatir bibir kering mengganggu penampilan Anda? Tenang, ini kiat mencegahnya.

Klikdokter.com, Jakarta Bibir kering kerap mencegah seseorang untuk mendapatkan penampilan yang sempurna. Karena kondisi bibir yang seperti ini menyakitkan, dan juga menyiksa penampilan.

Bibir kering sering dianggap bukan masalah besar. Padahal, kondisi ini kerap terjadi dan dapat menyebabkan peradangan. Hal ini karena kulit bibir lebih tipis dan tidak memiliki kelenjar minyak.

Tak hanya itu, kondisi kulit bibir yang tidak mengandung melanin juga membuat bibir rentan terhadap paparan sinar ultraviolet. Alhasil, bibir kering sangat sulit dihindari. Apalagi jika Anda sering berada di ruangan ber-AC.

Tapi tenang, tidak perlu khawatir. Bagi Anda yang tidak ingin mengalami bibir kering, berikut kiat yang harus dilakukan:

  1. Gunakan pelembap bibir

    Gunakanlah pelindung atau pelembap bibir seperti lip balm yang juga mengandung tabir surya. Agar perlindungan terhadap bibir kering efektif, gunakan lip balm secara berkala.

  2. Hindari mengupas kulit bibir

    Kebiasan mengupas kulit bibir dapat menyebabkan bibir kering. Di samping itu, kebiasaan ini juga kerap berujung pada kondisi bibir berdarah, yang menyebabkan mudah terkena infeksi. Hal ini karena kulit bibir sangatlah tipis.

  3. Jangan jilat bibir

    Kebiasaan menjilat bibir tidak akan membuatnya lembap. Justru, air liur yang menempel di bibir dapat menyebabkan kejadian bibir kering. Hal ini karena air liur mengandung enzim yang akan membuat kulit kering.

  4. Minum air putih

    Kelembapan tubuh bukan hanya ditentukan dari luar, namun juga dari dalam. Agar bibir kering tidak terjadi, Anda harus memenuhi kebutuhan cairan harian.

    Minumlah air putih minimal 2 liter atau 8 gelas setiap hari, agar kelembapan kulit seluruh tubuh –termasuk bibir– lebih terjaga.

Dengan memerhatikan sederet kiat di atas, niscaya Anda akan terjindar dari kejadian bibir kering. Dengan begitu, penampilan nan sempurna bukan hanya sekadar impian.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar