Sukses

Benarkah Orang Kidal Lebih Cerdas?

Sering kali Anda mendengar orang kidal lebih cerdas dibanding orang bertangan kanan. Ketahui faktanya berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak yang menganggap orang kidal lebih cerdas dan artistik. Ada juga yang berpendapat bahwa mereka pemalu dan cenderung tertutup. Bagaimana faktanya?

Ada beberapa penelitian yang sudah dilakukan terkait orang kidal, salah satunya diterbitkan tahun 2006 di jurnal Neuropsychology.

Para peneliti membuktikan bahwa orang kidal cenderung memiliki hubungan lebih cepat antara belahan otak kanan dan kiri. Hal ini memudahkan mereka untuk lebih cepat memproses informasi di kedua sisi otak, serta pandai dalam memecahkan suatu masalah.

Hingga saat ini, belum ada bukti penelitian yang menjelaskan bahwa orang kidal lebih cerdas dibanding orang bertangan kanan. Namun, terdapat beberapa fakta sifat mengenai orang kidal dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan, seperti:

  • Pemikir

    Seseorang yang menggunakan sebagian besar otak kiri memproses informasi dengan menganalisis dan berpikir sangat detail berdasarkan fakta dan logika.

  • Lama memberi keputusan

    Orang kidal biasanya lamban dalam memberikan keputusan. Hal ini disebabkan mereka cenderung berpikir secara logis dan analitis sehingga perlu mengumpulkan data sebelum memberi keputusan.

  • Memiliki nilai baik secara akademis

    Orang kidal umumnya berprestasi secara akademis. Ini dikarenakan mereka memilki pemikiran yang terstruktur. Selain itu, meski mereka membutuhkan waktu berjam-jam dalam membuat tugas, hasil akhirnya biasanya memuaskan karena mereka sangat rinci dan terencana.

  • Membutuhkan ketenangan saat belajar

    Orang kidal cenderung memilih suasana yang tenang karena mereka harus fokus dalam mengerjakan tugas-tugasnya.

  • Sangat pandai dalam perhitungan

    Orang kidal terkenal pandai dalam perhitungan matematika dan aljabar karena senang memecahkan masalah.

Penting untuk tidak menjadikan fakta-fakta di atas sebagai patokan bahwa orang kidal lebih cerdas. Tidak semua orang kidal memiliki sifat-sifat tersebut, dan banyak juga orang bertangan kanan yang memilikinya. Semua tergantung pada individu masing-masing.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar