Sukses

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Rainbow Diet?

Tak hanya indah dipandang, kombinasi warna makanan dalam rainbow diet juga menyehatkan tubuh Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Pernah mendengar tentang rainbow diet atau diet pelangi? Diet ini mengombinasikan ragam bahan makanan dengan warna alami sehingga tampak seperti warna pelangi.

Namun, sebenarnya diet yang satu ini tidak hanya enak dipandang. Rainbow diet juga memiliki banyak manfaat, seperti menurunkan berat badan dan risiko berbagai penyakit.

Sebuah penelitian di Spanyol menunjukkan adanya penurunan risiko penyakit jantung pada orang yang melakukan diet ini. Tak hanya itu, diet ini juga terbukti dapat mencegah penyakit gula (diabetes mellitus), serangan jantung, stroke, dan kanker.

Beberapa karakteristik rainbow diet yang memungkinkannya memiliki beragam manfaat tersebut adalah tingginya porsi buah, sayur, roti, sereal, dan kacang-kacangan. Selain itu juga karena penggunaan minyak zaitun sebagai sumber lemak tambahan, konsumsi daging, ikan, dan produk susu.

American Heart Association bahkan menyebutkan pola diet seperti ini merupakan yang paling mendekati rekomendasi nutrisi terbaik bagi kesehatan jantung.

Lantas, apa yang harus Anda lakukan untuk memulai diet ini? Berikut beberapa panduan bahan makanan yang dapat Anda pilih sebagai menu rainbow diet:

  • Merah

    Buah dan sayur berwarna merah kaya akan antioksidan, likopen, dan vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah kanker. Contohnya: tomat, apel, stroberi, anggur, apel, dan buah bit.

  • Kuning dan Jingga

    Beta karoten banyak terkandung dalam makanan berwarna kuning dan jingga. Fungsinya adalah sebagai antioksidan dan bermanfaat bagi kesehatan mata. Contohnya: jeruk, pepaya, mangga, wortel, dan labu kuning.

  • Hijau

    Bahan makanan berwarna hijau kaya akan folat, vitamin E, dan karotenoid yang berfungsi sebagai antioksidan dan bermanfaat bagi kesuburan. Contohnya: apel hijau, anggur hijau, kiwi, rumput laut, dan aneka sayuran hijau seperti bayam, kangkung, selada, brokoli, serta mentimun.

  • Biru dan Ungu

    Makanan berwarna biru dan ungu mengandung flavonoid yang merupakan zat anti peradangan pada pembuluh darah dan penangkal radikal bebas yang juga dapat mencegah kanker. Contohnya: terong, ubi ungu, kubis ungu, buah plum, bluberi.

  • Putih

    Selain ragam warna di atas, tambahkan pula bahan makanan berwarna putih. Makanan ini mengandung anti peradangan, memperkuat sistem imun, mencegah diabetes, dan pembentukan sel kanker. Contohnya: bawang putih, bawang bombay, jamur, kentang, kol, dan kembang kol.

Anda dapat mengombinasikan bahan makanan tersebut ke dalam menu sarapan, makan siang, makan malam, juga camilan sehat. Semakin kaya warna, semakin kaya pula zat gizi yang Anda dapatkan.

Sebagai sumber karbohidrat, nasi merah, sereal, atau roti gandum dapat menjadi pilihan. Tambahkan pula minyak zaitun sebelum Anda menyantap makanan sebagai sumber lemak sehat dan penambah cita rasa.

Lewat rainbow diet, Anda dapat hidup sehat, terhindar dari penyakit, sekaligus memperoleh berat badan ideal. Selamat mencoba!

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar