Sukses

5 Alasan Anda Harus Minum Teh

Anda yang suka minum teh boleh merasa gembira. Sebab selain memberikan kenikmatan, teh juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Masyarakat Indonesia memang tidak bisa terlepas dari kebiasaan minum teh. Dari anak-anak hingga orang tua gemar mengonsumsi teh. Namun di balik kenikmatan yang ditawarkannya, ada alasan lain mengapa Anda sebaiknya meneruskan kebiasaan minum teh.

  1. Menurunkan risiko kanker

    Beberapa penelitian menemukan bahwa senyawa antioksidan yang terkandung di dalam teh, yaitu polifenol dan katekin, dapat mencegah beberapa risiko kanker. Suatu studi menyebutkan bahwa minum teh hitam secara rutin dapat menurunkan risiko kanker ovarium pada wanita.

  2. Baik untuk jantung yang sehat

    Studi dari Harvard University mengungkapkan bahwa minum teh atau kopi secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini terjadi karena pengaruh polifenol, terutama katekin dan epikatekin yang terdapat di dalam teh.

  3. Risiko terkena diabetes menurun

    Anda gemar minum teh secara rutin? Berdasarkan penelitian dari Harvard School of Public Health, peminum teh memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes dibandingkan dengan yang jarang minum teh. Polifenol yang terkandung di dalam teh dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

  4. Menurunkan risiko Alzheimer

    Penyakit Alzheimer merupakan penyakit penyebab utama demensia atau penurunan daya ingat. Pada studi yang dipublikasikan di The Journal of Nutritional Biochemistry disebutkan bahwa kandungan katekin di dalam teh hijau memiliki efek protektif terhadap sel saraf, dan menurunkan risiko Alzheimer.

  5. Membantu turunkan berat badan

    Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Cochrane Database of Systematic Reviews, terhadap 1945 partisipan di Jepang, ditemukan bahwa konsumsi teh hijau secara rutin dapat membantu menurunkan berat badan bagi pada orang obesitas.

Nah, jika ingin minum teh dan mendapatkan manfaatnya, Anda lebih baik mengonsumsinya tanpa tambahan apa pun –termasuk susu. Menambahkan susu dalam teh bisa menurunkan kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar