Sukses

Kentang Bisa Atasi Sakit Kepala, Mitos atau Fakta?

Manfaat kentang untuk mengatasi sakit kepala masih banyak diperdebatkan. Bagaimana faktanya?

Klikdokter.com, Jakarta Tak dimungkiri, sebagian orang lebih menyukai pengobatan herbal ketimbang berkunjung ke dokter. Untuk mengobati asam urat, daun salam pilihannya. Lalu, untuk menangani sakit kepala, kentang dianggap cukup manjur. Bagaimana faktanya?

Kentang termasuk makanan tinggi kalium. Zat ini merupakan elektrolit yang berperan penting dalam menjalankan fungsi sel-sel, jaringan, dan organ tubuh.

Lebih lanjut, kalium berfungsi menghantarkan sinyal saraf, kontraksi otot, keseimbangan cairan, dan beberapa reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh.

Menurut dr. George Obikoya, seorang dokter yang juga ahli vitamin, kalium bisa menjadi pereda nyeri alami. Misalnya, untuk menyembuhkan luka dan memar, mengendalikan kejang, serta menangani sakit kepala.

Disimpulkan pula, kurangnya kalium dalam tubuh dapat berdampak pada timbulnya sakit kepala dan keluhan lainnya.

Meski banyak digunakan, sayangnya manfaat kentang untuk sakit kepala belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Karena saat ini, belum banyak penelitian di bidang kesehatan yang menelaah hal tersebut.

Percaya atau tidak, semua kembali pada diri Anda. Jika Anda mengalami sakit kepala, mungkin tak ada salahnya untuk mencoba kentang sebagai pereda nyeri alami. Tapi ingat, bila tak membaik, segera temui dokter.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar