Sukses

Kenapa Sakit Kepala Saat Makan atau Minum Dingin?

Ketika sedang menyantap es krim, tiba-tiba Anda mengalami sakit kepala sesaat. Apa penyebabnya?

Klikdokter.com, Jakarta Minum teh manis dingin saat cuaca panas memang menyegarkan. Selain dapat menghilangkan dahaga, tubuh juga akan terasa lebih segar. Tapi, sensasi dingin ini kadang bisa menyebakan sakit kepala.

Jenis sakit kepala ini juga dikenal dengan julukan ice cream headache atau brain freeze. Walau sering disebut ‘otak beku’, sebenarnya ini hanyalah kiasan saja karena jaringan otak tidak benar-benar mengalami kebekuan.

Hal yang sebenarnya terjadi adalah ketika suhu dingin menyentuh langit-langit mulut, maka akan memengaruhi saraf yang mengontrol pembuluh darah arteri.

Akibatnya, pembuluh darah di kepala akan melebar sehingga aliran darah meningkat tiba-tiba. Inilah yang memicu sakit kepala mendadak, seperti sensasi beku tadi.

Biasanya, sensasi beku ini mencapai puncaknya pada 20–60 detik setelah makan atau minum dingin, dan menetap hingga beberapa menit.

Meski tidak berbahaya dan hanya berlangsung kurang dari 5 menit, kadang sakit kepala ini cukup mengganggu hingga Anda harus berhenti sejenak.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi sakit kepala ini?

  1. Segera minum air hangat.

  2. Letakkan lidah pada langit-langit mulut untuk membantu menghangatkannya.

  3. Tutup mulut dan hidung kemudian bernapaslah secara cepat untuk menghangatkan rongga mulut.

  4. Jangan terburu-buru saat mengonsumsi makanan atau minuman yang sangat dingin.

  5. Hentikan konsumsi makanan atau minuman dingin selama 1- 2 menit ketika sakit kepala muncul.

Sakit kepala yang dirasakan saat makan atau minum dingin tak perlu dikhawatirkan. Hal ini termasuk wajar dan dapat diatasi dengan mudah.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar