Sukses

Solusi Atasi Sakit Kepala Akibat Cuaca Panas

Pernahkah Anda mengalami sakit kepala saat berada di cuaca panas? Jangan anggap remeh hal ini.

Klikdokter.com, Jakarta Sakit kepala merupakan keluhan yang pernah dirasakan hampir semua orang. Salah satu pemicu sakit kepala adalah cuaca panas. Kenaikan setiap 5oC udara di sekitar mampu meningkatkan risiko terjadinya sakit kepala hingga 7.5 %.

Jika Anda mengalami sakit kepala saat berada di tempat yang memiliki temperatur tinggi atau panas, waspadalah. Keluhan ini dapat berbahaya jika tidak ditangani segera. Salah satu risikonya adalah heat stroke.

Heat stroke bisa terjadi ketika tubuh tidak mampu menurunkan suhu tubuh akibat cuaca panas di sekitarnya. Cara tubuh untuk mengeluarkan panas adalah dengan berkeringat.

Jika asupan cairan kurang maka tubuh akan mengalami dehidrasi dan hal ini justru akan memperburuk kondisi Anda. Saat suhu tubuh mencapai suhu 40oC, maka akan terjadi gangguan fungsi tubuh. Bila dibiarkan, dapat mengakibatkan seseorang tidak sadar bahkan berujung kematian.

Pada heat stroke sendiri, sakit kepala biasanya disertai dengan peningkatan suhu tubuh hingga 39 oC. Hal terburuk adalah Anda tidak mengeluarkan keringat.

Jika terjadi hal demikian, segera lakukan langkah dibawah ini:

  1. Minum banyak air untuk menghindari tubuh dari dehidrasi. Minimal 2–4 gelas saat Anda mulai merasa sakit kepala. Minuman yang terbaik adalah air putih.

  2. Hindari alkohol karena dapat memicu dehidrasi.

  3. Hindari minuman yang mengandung kafein seperti soda, kopi, coklat. Walaupun minuman ini sering disebut-sebut mampu menghilangkan sakit kepala, jika dikonsumsi berlebihan justru akan memperburuk rasa nyeri. Selain itu minuman berkafein dapat menyebabkan dehidrasi.

  4. Berteduh. Carilah tempat yang memliki temperatur ruangan yang dingin, misalnya tempat yang lebih teduh atau ruangan ber AC.

  5. Jika menggunakan berlapis-lapis pakaian, lepaskan pakaian tersebut.

  6. Bergegaslah untuk mandi menggunakan air biasa atau dingin jika memungkinkan.

  7. Jika sering mengalami hal ini, sebaiknya Anda menggunakan pakaian yang tipis dan longgar saat akan berpergian ke luar rumah. Bila perlu, gunakan topi atau payung sebagai pelindung kepala Anda dari panas.

Jika sakit kepala tidak kunjung membaik, segera temui dokter. Jangan sepelekan sakit kepala akibat cuaca panas karena bisa memicu kehadiran gangguan kesehatan lainnya.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar