Sukses

Sempat Membaik dari Kanker Payudara, Kenapa Yana Zein Meninggal

Aktris Yana Zein meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker payudara yang dideritanya sejak 2015.

Klikdokter.com, Jakarta Sepulang dari pengobatan kanker payudara di Cina beberapa hari yang lalu, Yana Zein terlihat sangat segar dan sehat di Bandara Soekarno-Hatta. Wajah letih dan selang oksigen tak tampak di wajahnya lagi.

Ia bahkan dengan gembira memberitakan bahwa kanker yang dialaminya sudah hampir sembuh. Tak disangka-sangka, Kamis dini hari (1/6/2017), Yana meninggal dunia.

Putri pertama Yana, Aurelia Callista, menjelaskan bahwa beberapa jam setelah sang ibunda pulang ke Indonesia, kondisi fisiknya sangat menurun. Keluarga lalu segera membawanya ke rumah sakit.

Yana mendapatkan perawatan intensif di ICU Rumah Sakit Mayapada, bahkan ia membutuhkan alat bantu napas dan ventilator untuk mempertahankan hidupnya. Namun, akhirnya pada hari Kamis pukul 1 pagi, ia mengembuskan napas terakhir.

Hal ini menimbulkan pertanyaan. Setelah sebelumnya terlihat sangat membaik, mengapa kondisi Yana Zein tiba-tiba memburuk hingga meninggal dunia?

Secara medis, harapan hidup jangka panjang pada penderita kanker payudara stadium 4 memang cukup rendah.

Menurut National Cancer Institute, hanya 22% penderita yang mampu bertahan hingga 5 tahun setelah penyakitnya diketahui. Sementara itu, 78% sisanya meninggal dalam waktu kurang dari 5 tahun setelah didiagnosis kanker payudara stadium akhir.

Menurut Canadian Cancer Society, sering kali penderita kanker yang telah mendekati ajal menunjukkan perbaikan kondisi yang mengejutkan, tetapi beberapa hari kemudian malah meninggal dunia. Belum diketahui pasti mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Pada akhirnya, perjuangan Yana Zein melawan kanker payudara harus terhenti sampai di sini. Selamat jalan, Yana!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar