Sukses

Jalani Cryotherapy, Yana Zein Hampir Sembuh dari Kanker Payudara

Yana Zein baru saja pulang dari Cina setelah menjalani cryotherapy untuk kanker payudara.

Klikdokter.com, Jakarta Berita baik datang dari aktris senior Indonesia, Yana Zein. Setelah menjalani pengobatan kanker payudara dengan metode cryotherapy selama 4 bulan di Tiongkok, Minggu (28/5) kemarin ia kembali ke tanah air.

Sebelumnya, pada bulan Desember 2016, publik dibuat prihatin dengan kondisi Yana Zein yang terbaring sakit dengan kanker payudara stadium 4.

Setelah menjalani serangkaian kemoterapi dan operasi, pesinetron ini harus bolak-balik menjalani perawatan di rumah sakit karena nyeri dan sesak napas yang dialami. Selang oksigen tak pernah lepas dari hidungnya.

Namun, berkat penggalangan dana yang dilakukan oleh rekan-rekan artis, Yana mendapat pembiayaan untuk menjalani pengobatan di Modern Cancer Hospital Guangzhou, Cina. Kini penampilannya tampak jauh lebih segar dan sehat. Menurutnya, pengobatan cryotherapy berhasil membuat 75–80% sel kankernya musnah.

Cryotherapy, atau kadang disebut juga sebagai cryosurgery, merupakan pengobatan menggunakan suhu yang sangat dingin untuk membekukan dan membunuh sel kanker.

Metode ini merupakan alternatif dari operasi. Kelebihan-kelebihannya adalah tidak membutuhkan sayatan besar seperti operasi, serta risiko perdarahan dan rasa nyerinya lebih minimal.

Meski demikian, cryotherapy ini belum dapat dipastikan manfaat dan keamanannya dalam jangka panjang. Pengobatan ini masih dalam penelitian oleh National Institute of Cancer. Oleh karena itu, belum semua negara di dunia memanfaatkan teknologi ini untuk mengatasi kanker.

Membaiknya kondisi Yana Zein setelah menjalani cryotherapy memberikan secercah harapan bagi penderita kanker. Semoga teknologi pengobatan untuk kanker payudara semakin berkembang agar Yana maupun penderita lainnya dapat sembuh.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar