Sukses

Makanan dan Minuman yang Sering Menjadi Penyebab Gigi Ngilu

Gigi Anda sering ngilu saat sedang makan atau minum? Hati-hati, beberapa makanan dan minuman ini bisa membuat gigi Anda tambah sensitif!

Gigi sensitif, atau hipersensitivitas pada dentin, adalah masalah gigi yang sangat sering dijumpai. Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa ngilu itu hal yang wajar dan tidak membutuhkan perawatan. Padahal, kondisi ini membuat seseorang tergganggu saat makan, minum, bahkan saat menyikat gigi dan mengembuskan napas.

Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan adanya kemungkinan penyebab gigi ngilu dari makanan dan minuman. Sebab, beberapa makanan dan minuman pun ternyata dapat membuat gigi ngilu dan sensitif, seperti:

1 dari 5 halaman

1. Acar

Makanan ini merupakan pelengkap yang banyak disukai karena rasanya segar. Ada yang menganggap juga sebagai ‘penyeimbang’ ketika menyantap makanan berlemak, sehingga membuat ‘guilty feeling’ agak berkurang.

Namun, kandungan cuka di dalam acar dapat membuat gigi mengalami erosi karena asam. Karena itulah, acar merupakan salah satu makanan penyebab gigi ngilu.

2. Orange atau Lemon Squash

Minuman yang menyegarkan ini ternyata bisa menjadi penyebab gigi sensitif. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam orange dan lemon memang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Tetapi, orange atau lemon squash ditambah soda dan gula adalah double combo yang dapat mengiritasi langsung saraf gigi!

Artikel lainnya: Gigi Sering Ngilu? Jangan Lakukan Kebiasaan Ini!

2 dari 5 halaman

3. Es Krim

Menikmati es krim sebagai hidangan penutup adalah momen yang cukup ditunggu-tunggu bagi para pencinta makanan manis. Tapi sayangnya, es krim juga bisa membuat gigi ngilu. Karena selain dingin, es krim mengandung kadar gula yang tinggi sehingga dapat membuat gigi jadi tambah sensitif.

Pasalnya, pada orang yang memiliki gigi sensitif, lapisan enamelnya yang berfungsi sebagai pelindung sudah mengalami kerusakan. Alhasil, suhu dari es krim akan sangat mengganggu.

4. Tomat dan Saus Tomat

Tomat juga bisa menjadi makanan penyebab gigi ngilu. Memang benar bahwa tomat mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama vitamin C, namun juga mengandung asam yang tinggi.

Tomat dalam bentuk saus tomat pun juga dapat memicu gigi sensitif. Sehingga, penggunaannya pada dewasa dan anak-anak perlu dibatasi dalam jumlah sedang saja.

Artikel lainnya: 33 Persen Orang Indonesia Alami Gigi Sensitif

3 dari 5 halaman

5. Apel

Makan satu buah apel setiap hari, sering dikatakan dapat membuat Anda terhindar dari penyakit. Tapi sayangnya, buah ini mengandung asam yang cukup tinggi dan keras di gigi sehingga termasuk dalam makanan penyebab gigi ngilu.

Untuk mencegah gigi ngilu akibat makan apel, berkumurlah dengan air putih setelah makan apel dan tunggu satu jam dahulu sebelum menyikat gigi. Hal ini penting agar asamnya tidak membuat mineral di dalam gigi ikut larut dan terkikis.

6. Kopi

Walaupun tampaknya ringan untuk dinikmati setiap hari, ternyata secangkir kopi panas mengandung asam yang tinggi.

Kopi juga bisa memicu gigi menjadi ngilu apabila diminum dalam jumlah melebihi batas konsumsi harian kopi, yaitu maksimal 400 miligram. Untuk menghindari gigi sensitif akibat kopi, batasilah jumlah konsumsi kopi harian Anda.

4 dari 5 halaman

7. Buah Kering

Buah-buahan yang dikeringkan, seperti kismis, mangga, aprikot, memang mengandung nutrisi yang baik. Tapi ternyata makanan yang manis dan lengket ini bisa menjadi penyebab gigi ngilu.

Karena lengket, mereka tentunya mudah menempel di sela-sela gigi. Jika tidak dibersihkan dengan baik, maka bisa menjadi makanan untuk kuman penyebab gigi berlubang. Otomatis ini merupakan salah satu makanan yang bisa membuat gigi menjadi ngilu.

Jadi, agar gigi sensitif Anda bertambah parah dan semakin ngilu, maka perlu diperhatikan faktor pemicunya. Setelah itu, lakukanlah tindakan untuk merawat gigi sensitif tersebut supaya tidak bertambah parah dan mengganggu aktivitas harian Anda. Sementara dalam perawatan, sebisa mungkin hindarilah makanan dan minuman pemicunya.

Untuk membaca artikel kesehatan gigi dan mulut lainnya, bisa unduh aplikasi KlikDokter, ya!

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar