HomeInfo SehatGigi MulutMakanan dan Minuman yang Sering Menjadi Penyebab Gigi Ngilu
Gigi Mulut

Makanan dan Minuman yang Sering Menjadi Penyebab Gigi Ngilu

drg. Callista Argentina, 04 Apr 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Gigi Anda sering ngilu saat minum dingin atau makan manis? Hati-hati, beberapa makanan dan minuman ini bisa membuat gigi Anda tambah sensitif!

Makanan dan Minuman yang Sering Menjadi Penyebab Gigi Ngilu

Gigi sensitif ditandai dengan rasa nyeri dan ngilu yang tajam, singkat, serta muncul secara spontan. Sensasi ini bisa muncul apabila gigi terkena makanan dengan suhu yang terlalu dingin atau panas. 

Selain itu, rasa ngilu tersebut juga bisa ditimbulkan karena gesekan sikat gigi, terkena minuman asam, bahkan embusan napas dari mulut.

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa rasa ngilu tersebut wajar dan akan hilang dengan sendirinya. Faktanya, kondisi ini bisa bertambah berat dan semakin membuat seseorang terganggu terutama saat makan, minum, bahkan menyikat gigi. 

Karena itu, Anda perlu memperhatikan adanya kemungkinan penyebab gigi ngilu dari makanan dan minuman. Sebab, beberapa makanan dan minuman pun ternyata dapat memicu gigi sensitif. 

Berikut ini adalah minuman dan makanan penyebab gigi ngilu yang perlu Anda cermati:

1. Acar

Makanan ini merupakan pelengkap yang banyak disukai karena rasanya segar. Ada yang menganggap juga sebagai ‘penyeimbang’ ketika menyantap makanan berlemak. 

Namun, kandungan cuka di dalam acar dapat membuat gigi mengalami erosi karena asam. Karena itulah, acar merupakan salah satu makanan penyebab gigi ngilu. 

2. Orange atau Lemon Squash

Tak dimungkiri, orange atau lemon squash memang sangat segar. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah tersebut juga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Akan tetapi, orange atau lemon squash yang ditambah dengan soda dan gula adalah double combo yang dapat mengiritasi langsung saraf gigi. 

3. Es Krim

Es krim juga termasuk makanan yang bisa membuat gigi ngilu. Karena selain dingin, es krim mengandung kadar gula yang tinggi sehingga dapat membuat gigi jadi tambah sensitif.

Pada orang yang memiliki gigi sensitif, lapisan enamelnya yang berfungsi sebagai pelindung sudah mengalami kerusakan. Alhasil, suhu dari es krim bisa membuat gigi terasa ngilu. 

Artikel lainnya: Tiba-tiba Gigi Terasa Ngilu, Apa Penyebabnya?

4. Tomat dan Saus Tomat

Memang benar bahwa tomat mengandung banyak vitamin dan mineral, terutama vitamin C, tetapi di dalamnya juga menyimpan asam yang tinggi. Itulah sebabnya, tomat merupakan salah satu makanan penyebab gigi ngilu.

Tomat dalam bentuk saus tomat pun dapat memicu gigi sensitif. Karenanya, penggunaan saus tomat perlu dibatasi dalam jumlah secukupnya saja.

5. Buah yang Asam

Jenis buah yang asam, seperti nanas, apel, dan lemon, termasuk makanan yang harus dihindari saat gigi ngilu.

Pasalnya, buah-buahan tersebut mengandung asam yang cukup tinggi dan keras di gigi. 

Untuk mencegah gigi ngilu, berkumurlah dengan air putih setelah mengonsumsi buah-buahan tersebut dan tunggu satu jam dahulu sebelum menyikat gigi. Hal ini penting agar asamnya tidak membuat mineral di dalam gigi ikut larut dan terkikis.

6. Kopi

Walaupun tampaknya ringan untuk dinikmati setiap hari, ternyata secangkir kopi panas mengandung asam yang tinggi.

Kopi juga bisa membuat gigi jadi ngilu apabila diminum dalam jumlah melebihi batas (batas aman konsumsi kopi adalah 400 mg kafein per hari). 

Untuk menghindari gigi sensitif, batasilah jumlah konsumsi kopi harian Anda. Hal ini juga berguna untuk mencegah warna gigi agar tidak menguning.

Artikel lainnya: Gigi Sakit dan Ngilu? Mungkin Gigi Anda Retak

7. Buah Kering

Buah-buahan yang dikeringkan, seperti kismis, mangga, dan aprikot, memang mengandung nutrisi yang baik. Tapi ternyata, makanan yang manis dan lengket ini bisa menjadi penyebab gigi ngilu.

Karena lengket, mereka tentunya mudah menempel di sela-sela gigi. Jika tidak dibersihkan dengan baik, maka bisa menjadi makanan untuk kuman penyebab gigi berlubang

8. Es Batu

Hati-hati, kebiasaan menggigit es batu bisa memicu gigi sensitif. Pasalnya, jika seseorang menggigit es batu, maka es batu akan beradu dengan lapisan email gigi dan dapat menyebabkan keretakan atau cracked tooth syndrome

Gigi yang retak bisa menimbulkan rasa ngilu yang tajam. Jika kebiasaan ini tidak dihentikan, garis retak giginya dapat mencapai daerah saraf gigi. Pada akhirnya gigi pun perlu dilakukan perawatan saraf atau bahkan pencabutan. 

9. Permen Manis

Saat gigi sedang ngilu, permen adalah makanan yang harus dihindari. Kandungan gula pada permen ditambah teksturnya yang lengket bisa membuat gigi cepat ngilu. 

Selain itu, makanan manis yang lengket juga mengundang kuman untuk bersarang, sehingga berpotensi memunculkan karies gigi. 

Apabila karies gigi tidak disembuhkan, maka akan berubah menjadi gigi berlubang, di mana gigi terasa ngilu berkali-kali lipat dari biasanya.

Jadi, agar gigi sensitif Anda tidak bertambah parah, maka Anda perlu memperhatikan faktor pemicunya. Makanan dan minuman tertentu nyatanya bisa menjadi penyebab gigi ngilu.

Jangan lupa, lakukanlah tindakan perawatan sambil menghindari faktor pemicunya, ya. 

Chat langsung dengan dokter seputar masalah gigi dan mulut lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS] 

Gigi NgiluGigi dan MulutGigi Sensitif

Konsultasi Dokter Terkait