Sukses

Kenapa Gigi Bisa Sensitif?

Gigi merupakan bagian tubuh yang paling keras, bahkan melebihi tulang. Tapi, kenapa gigi bisa menjadi sensitif?

Klikdokter.com, Jakarta Gigi merupakan bagian tubuh manusia yang paling keras, bahkan melebihi tulang. Tapi, bukan berarti gigi Anda tak bisa ‘protes’.

Ada kalanya gigi bisa menjadi sensitif. Salah satu penyebabnya karena menyikat gigi dengan cara yang salah.

Menyikat gigi terlalu kencang dapat membuat gigi dan gusi di sekitarnya menjadi rusak. Lama kelamaan, perlekatan gusi akan lepas dari gigi sehingga gusi jadi turun.

Turunnya gusi berpotensi membuat gigi jadi sensitif. Pasalnya, gusi yang turun akan membuat dentin (lapisan dalam gigi) terbuka.

Bila cara menyikat gigi tidak diperbaiki, lapisan yang menyelubungi akar gigi akan hilang perlahan karena tergesek oleh sikat gigi. Pori- pori dentin pun bisa ikut terbuka.

Akibatnya, gigi akan terasa ngilu saat terkena rangsangan berupa dingin, panas, tekanan, dan udara. Misalnya, saat makan es krim atau menyikat gigi.

Selain itu, gigi sensitif juga dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk lainnya. Seperti mengkertakkan gigi saat tidur, mengunyah es batu, dan jarang membersihkan karang gigi.

Untuk mencegah gigi menjadi sensitif, perhatikan apakah cara menyikat gigi Anda sudah benar. Memeriksa gigi dan mulut secara rutin ke dokter gigi juga penting.

Jika gigi sudah telanjur sensitif, sikatlah gigi dengan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi ber-flouride. Hindari menggosok gigi terlalu kencang dan sering. Batasi juga makanan dan minuman yang asam.

Mari terapkan kiat-kiat tersebut, agar gigi sensitif tak lagi mengganggu Anda!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar