Sukses

Cek di Sini Gejala Hepatitis

Kenali gejala hepatitis si penyakit hati di sini dan cegah aksinya sekarang juga.

Klikdokter.com, Jakarta Seperti halnya organ lain yang berada di dalam tubuh, hati juga tidak lepas dari incaran penyakit. Salah satu penyakit hati yang paling sering mengintai adalah hepatitis. Seperti apa gejala hepatitis?

Sebelum mencari tahu seperti apa gejalanya, Anda perlu terlebih dahulu mengetahu penyebab hepatitis. Penyakit hati yang satu ini disebabkan oleh infeksi virus. Ada beberapa macam jenis hepatitis, namun yang paling umum ditemukan adalah hepatitis A dan hepatitis B.

Hepatitis A terjadi karena virus hepatitis A. Virus ini menular melalui makanan yang tercemar feses yang mengandung virus hepatitis A.

Sementara itu, hepatitis B menular melalui cairan tubuh: darah, urine, air mani, cairan vagina, dan air liur. Karena itu, pada umumnya, hepatitis B dapat menyebar melalui hubungan seksual, penggunaan narkoba suntik, dan tato.

Gejala penyakit hepatitis A dan B hampir sama, yaitu lemas, tidak nafsu makan, mual muntah, nyeri perut, demam, nyeri sendi, urine berwarna coklat, serta kulit dan mata berwarna kekuningan. Karena itu, hepatitis disebut juga sakit kuning.

Kiat mencegah penyakit hati

Pada sebagian besar kasus, hepatitis A dapat sembuh dengan tuntas tanpa meninggalkan bekas. Namun pada sebagian kecil kasus, hepatitis A dapat menyebabkan gagal hati, hingga menyebabkan orang tersebut membutuhkan transplantasi hati.

Lain hal dengan hepatitis B. Hepatitis B dapat menyebabkan terjadinya pengerasan hati (sirosis) sampai kanker hati. Sirosis dan kanker hati ini dapat menyebabkan kematian.

Agar terhindar dari hepatitis A, Anda perlu mengonsumsi makanan yang bersih dan higienis. Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan sebelum memasak, menyiapkan makanan, dan mengonsumsi makanan tersebut. Selain itu, Anda harus selalu mencuci tangan setelah buang air di toilet.

Sedangkan untuk memutus rantai penularan hepatitis B, Anda perlu memastikan Anda sudah mendapatkan perlindungan dengan vaksinasi. Hindari pula penggunaan narkoba dan hubungan seksual berganti-ganti pasangan tanpa pengaman. Jika ingin menato, Anda perlu memastikan alat untuk tato sudah steril.

Kami harap tulisan ini dapat membantu Anda untuk mengenal gejala hepatitis dengan lebih baik. Beberapa kiat di atas juga kiranya akan membuat Anda terhindar dari penyakit hati yang satu ini.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar