Sehat dan Bugar

Sering Tiba-Tiba Pusing saat Puasa, Ini Cara Mengatasinya

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 30 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ternyata, pusing dapat diredakan tanpa harus membatalkan puasa.

Sering Tiba-Tiba Pusing saat Puasa,  Ini Cara Mengatasinya

Pusing, berbeda dengan sakit kepala. Ini adalah sensasi rasa berputar yang terjadi baik saat membuka maupun memejamkan mata. Anda dapat merasa limbung, bahkan seperti mau pingsan. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut sebagai vertigo.

Meski gejalanya berbeda, umumnya penyebab pusing –tak terkecuali pada saat berpuasa– serupa dengan sakit kepala. Pencetus pusing paling sering saat berpuasa adalah rendahnya kadar gula darah.

Bagaimana jika rasa pusing datang tiba-tiba? Biasanya ini terjadi saat perubahan posisi mendadak, misalnya dari duduk ke berdiri. Bila Anda mengalaminya, atasi dengan beberapa cara berikut:

  • Hentikan pergerakan sejenakUntuk menghindari jatuh karena pusing yang tiba-tiba, berpeganganlah pada benda kokoh di sekitar Anda seperti dinding atau kursi. Hentikan sejenak pergerakan sampai rasa pusing mereda, lalu lanjutkan aktivitas.
  • Hindari panasPusing dapat juga muncul karena paparan sinar matahari dan udara panas. Karena itu, saat berpuasa, sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari langsung atau berada di bawah matahari terlalu lama.
  • Sesuaikan lingkunganPada sebagian penderita vertigo, gejala dapat diredakan dengan mengatur lingkungan sedemikian rupa. Coba redupkan lampu dan hindari suara bising. Duduklah sebentar di ruangan dengan aliran udara yang sejuk untuk membantu meredakan pusing.
  • IstirahatJika cara di atas belum berhasil meredakan pusing, coba pejamkan mata dan tidur sejenak. Jika Anda dalam posisi sedang beraktivitas, hindari tidur terlalu lama karena dapat memicu keluhan yang lebih parah saat bangun; tidur sekitar 15-30 menit juga sudah cukup.

Bagi penderita vertigo, sebaiknya diskusikan rencana puasa Anda dengan dokter spesialis saraf sebelum memasuki bulan Ramadan. Hal ini untuk mengetahui kemampuan Anda berpuasa dan adakah pengobatan khusus yang perlu dijalani agar ibadah tidak terganggu.

Segera hubungi dokter jika pusing hebat menyerang saat berpuasa dan tidak dapat dikendalikan dengan cara-cara di atas, atau dengan obat rutin yang biasa Anda konsumsi.

[RS/ RH]

Pusing Saat PuasaPusing

Konsultasi Dokter Terkait