Sukses

Cegah Sakit Kepala saat Puasa

Sering sakit kepala saat berpuasa? Yuk, cegah dengan tiga cara ini.

Klikdokter.com, Jakarta Saat berpuasa, sakit kepala merupakan salah satu keluhan yang sering dialami. Umumnya ini disebabkan oleh rendahnya gula darah dalam tubuh atau dehidrasi.

Kurangnya nutrisi dan cairan ini sering diperburuk dengan aktivitas yang tinggi dan iklim Indonesia yang panas dan lembap. Menurut penelitian, pada beberapa orang terutama penikmat kopi, kurangnya kafein juga dapat memicu sakit kepala saat berpuasa.

Untuk mencegah hal tersebut, ada tiga cara yang dapat Anda lakukan, yakni:

  • Sahur dengan tepat

    Gula darah yang rendah saat berpuasa menjadi penyebab tersering sakit kepala. Hal ini biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan tinggi gula saat sahur.

    Akibatnya kadar gula darah akan melonjok, kemudian merosot saat tengah hari. Cegah dengan memilih menu sahur rendah indeks gula, seperti bubur gandum atau kentang.

  • Cukupi kebutuhan cairan

    Jangan sepelekan pentingnya air putih saat sahur. Air putih dapat membuat Anda lebih ‘melek’ dan kuat menjalankan puasa.

    Jika dalam sehari seharusnya manusia membutuhkan kurang lebih 8 gelas air, bagi asupan ini ke dalam sahur dan berbuka. Minumlah hingga mendekati waktu imsak, agar asupan cairan dapat maksimal.

  • Ekstra kafein

    Bagi Anda peminum kopi teratur, kurangnya asupan kafein dapat menyebabkan sakit kepala saat berpuasa. Cegah hal ini dengan mengurangi konsumsi kafein beberapa minggu sebelum berpuasa.

Cara ini akan menurunkan batas ambang kebutuhan kafein Anda, sehingga saat berpuasa tubuh tidak ‘mengeluh’ akibat kekurangan kafein.

Jika sebelum berpuasa Anda memang sudah sering sakit kepala, bicarakan kondisi tersebut dengan dokter. Hal ini penting agar nantinya ibadah Anda tak terganggu. Semoga Ramadan Anda berjalan lancar!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar