Sukses

5 Hal yang Membuat Puting Payudara Sering Gatal

Puting yang gatal pasti menimbulkan rasa tidak nyaman. Sebenarnya apa sih penyebab puting payudara sering gatal?

Klikdokter.com, Jakarta Keluhan puting payudara sering gatal bisa terjadi pada siapa saja, baik pada kaum wanita maupun laki-laki. Tentu saja kondisi ini tidak nyaman bagi orang yang mengalaminya. Anda tidak mungkin terus-menerus menggaruk puting, kan?

Yuk, simak beberapa penyebab puting payudara sering gatal agar dapat segera mengatasinya.

  1. Eksim

    Eksim adalah kondisi kulit (termasuk puting payudara) dengan tanda yaitu penampakan kering, bersisik, merah, gatal, bahkan dapat menyebabkan berdarah. Puting dengan eksim rentan terkena infeksi.

    Untuk mengatasinya, Anda perlu mencegah kulit di sekitar payudara mongering. Caranya dengan mengurangi durasi mandi, pilih sabun mandi yang tidak membuat kering, dan menggunakan pelembap.

  2. Kehamilan dan menyusui

    Wanita yang sedang hamil dan menyusui ternyata lebih rentan terkena eksim. Karena itu, wanita yang sedang hamil dan menyusui dianjurkan untuk menjaga kelembapan puting dan mencegahnya menjadi kering.

  3. Kontak dermatitis

    Kontak dermatitis adalah keadaan peradangan yang disebabkan kontak dengan bahan tertentu, bahan ini dapat bersifat iritatif atau alergen. Contohnya yaitu pembilasan detergen yang tidak baik saat mencuci baju dapat menimbulkan kontak dermatitis pada puting.

  4. Keganasan

    Keganasan atau kanker pada payudara dapat menyebabkan gatal pada puting, walapun hal ini jarang menjadi keluhan utama. Paget’s disease adalah contoh keganasan payudara dengan gejala menyerupai eksim yang menyerang puting payudara.

    Jika memiliki gejala serupa eksim yang tidak kunjung membaik, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

  5. Jogger’s Nipple

    Jogger’s nipple merupakan keadaan yang sering menimpa pelari atau olahragawan. Hal ini disebabkan oleh gesekan antara puting dan baju saat beraktifitas, sehingga menimbulkan gejala puting gatal, kering, atau lecet.

Karena disebabkan oleh gesekan, kondisi ini dapat dihindari dengan penggunaan pembatas seperti petroleum jelly atau krim lainnya.

Nah, demikian tadi beberapa hal yang membuat puting payudara sering gatal. Semoga melalui tulisan ini, Anda dapat segera mengatasi keluhan gatal pada puting payudara.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar