Sukses

7 Cara Efektif Cegah Lemas Saat Puasa

Tidak ingin lemas saat puasa? Inilah tujuh cara yang harus Anda lakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan penuh dengan godaan dan rintangan. Di antara sekian banyak rintangan, salah satu yang paling sering dikeluhkan adalah lemas saat puasa.

Tapi tenang, tidak perlu khawatir. Sesungguhnya, lemas saat puasa bisa Anda cegah dengan cara-cara berikut ini:

  1. Konsumsi makanan tinggi serat

    Makanan berserat sangat penting untuk dikonsumsi saat sahur. Sebab makanan yang seperti ini akan membuat Anda menjadi tidak mudah lapar.

    Beberapa contoh makanan berserat adalah buah-buahan, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian dan gandum.

  2. Konsumsi makanan berprotein

    Makanan tinggi serat sangat baik untuk dikombinasikan dengan makanan tinggi protein, seperti ikan, ayam, telur, dan tahu. Dengan ini, tubuh Anda akan menjadi lebih berenergi, sehingga lemas saat puasa tidak akan terjadi.

  3. Makanan dengan kadar lemak baik yang tinggi

    Makanan yang tinggi lemak baik (HDL) seperti ikan, kacang, dan buah-buahan ternyata dapat membantu proses penyerapan nutrisi, sehingga tubuh akan lebih berenergi.

  4. Hindari garam

    Batasi atau hindari penggunaan garam dalam mengolah makanan sahur. Ini berarti Anda juga harus membatasi atau lebih baik lagi hindari makanan yang asin. Makanan jenis ini akan membuat tubuh Anda dehidrasi dan mudah lapar.

  5. Hindari mengolah makanan terlalu lunak

    Agar lemas saat puasa tidak terjadi, sebaiknya Anda tidak mengonsumsi makanan yang terlalu lunak. Sebab makanan yang demikian akan membuat tubuh Anda menjadi lapar dengan cepat.

  6. Penuhi kebutuhan cairan

    Penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan minum 8 gelas air sehari. Ini bisa Anda bagi menjadi 2 sesi, yakni 3 gelas saat sahur dan 5 gelas saat berbuka.

  7. Olahraga

    Meski berpuasa, Anda harus tetap berolahraga. Sebab kegiatan sehat ini akan membuat tubuh Anda tetap fit sepanjang hari. Pilihlah jenis olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang.

Ingatlah bahwa pengaturan pola makan dan aktivitas fisik yang baik adalah kunci utama dalam mencegah lemas saat puasa. Selamat mencoba dan selamat menjalankan ibadah puasa!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar