Sukses

Cara Cepat Memulihkan Batuk Sejak Awal

Tidak perlu cemas, langkah mudah ini akan membantu mengenyahkan batuk sejak awal.

Klikdokter.com, Jakarta Batuk atau tussis dalam Bahasa Latin, merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk membersihkan dan mengeluarkan benda atau zat asing, seperti lendir, debu, asap rokok, dan polutan, dari saluran pernapasan. Batuk juga merupakan bagian dari reaksi alami tubuh terhadap saluran pernapasan yang teriritasi. Jadi, batuk bukan penyakit, melainkan tanda atau gejala suatu gangguan pada saluran pernapasan.

Berdasarkan produktivitasnya, batuk dibedakan menjadi batuk produktif atau berdahak dan batuk non produktif atau kering. Batuk berdahak merupakan mekanisme perlindungan dengan fungsi mengeluarkan zat asing dan dahak dari batang tenggorokan. Sedangkan batuk kering adalah batuk tanpa dahak, misalnya pada batuk rejan.

Batuk, baik itu kering maupun berdahak pasti akan sangat mengganggu pekerjaan Anda. Tidak berhenti sampai di situ, tidur malam pun jadi ikut terusik lantaran gangguan pernapasan yang muncul gara-gara batuk.

Selain istirahat dan mengonsumsi makanan bergizi, ada beberapa cara alami yang bisa Anda terapkan untuk membantu membangkitkan sistem kekebalan tubuh sekaligus mengenyahkan batuk sejak awal. Coba cari berikut ini:

  1. Mandi air hangat

    Ketika batuk melanda, cobalah mandi dengan menggunakan air hangat. Uap hangat dari air mandi mampu membantu mengencerkan dahak, sehingga membuatnya mudah dikeluarkan.

    Anda juga bisa menggunakan air humidifier atau pelembab ruangan. Alat ini akan membantu mengatur kelembapan udara, sehingga tepat digunakan dalam membantu mengenyahkan batuk secara alami.

  2. Berkumur air garam

    Batuk sepanjang hari dapat menyebabkan iritasi di tenggorokan dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, cobalah berkumur dengan air hangat yang telah dicampur sedikit garam laut.

    Larutan ini terbukti mengurangi lendir yang menumpuk di tenggorokan dan mampu mengurangi nyeri yang disebabkan oleh batuk.

  3. Minum air jahe

    Sebuah penelitian yang dipublikasi melalui American Thoracic Society membuktikan pengaruh positif jahe dalam membantu mengenyahkan batuk. Kandungan alami dan aroma hangat jahe mempu memberikan efek relaksasi di saluran napas. Batuk semakin mudah diatasi, napas pun akan terasa jauh lebih ringan dan lega.

Selain itu, sekarang ada HerbaKOF. Ini merupakan obat herbal yang memiliki empat keunggulan yang bisa membantu Anda. Meredakan batuk jenis apa pun, meredakan radang tenggorokan, melegakan pernafasan, dan menghangatkan saluran pernapasan.

Obat batuk ini diproses melalui teknologi fraksinasi, yaitu dengan proses ekstraksi untuk menemukan fraksi spesifik dari campuran ekstrak yang setara dengan 1 gram daun legundi, 0.25 gram jahe gajah, 0.25 gram daun saga, dan 0.20 gram mahkota dewa.

Daun legundi berperan untuk melegakan saluran pernafasan. Jahe mengandung essential oils yang bermanfaat melancarkan metabolisme, memberikan rasa hangat, dan melegakan tenggorokan. Daun saga memiliki efek antitusive (menekan batuk) dan mahkota dewa memiliki efek anti inflamasi untuk mengatasi radang pada tenggorokan.

Herbakof juga tidak membuat ngantuk sehingga aman dikonsumsi saat beraktivitas.

Ingat, kalau batuk menyerang, segeralah bertindak agar batuk segera pulih sejak awal. Anda bisa memilih pengobatan alami ataupun dengan memanfaatkan obat batuk yang terpercaya.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar