Sukses

Gangguan Pendengaran Akibat Ledakan Bom di Kampung Melayu

Sempat mendengar ledakan bom di Kampung Melayu? Awas, serangan gangguan pendengaran.

Klikdokter.com, Jakarta Indonesia kembali berduka. Ledakan bom kembali terjadi di Jakarta, tepatnya di kawasan terminal Kampung Melayu pada 24/5/2017, sekitar pk. 21.00 waktu setempat.

Pelaku bom bunuh diri dikabarkan ikut tewas dalam kejadian ini. Sedangkan beberapa korban lain yang mengalami luka-luka masih menjalani perawatan intensif.

Tidak Hanya Trauma Psikis

Ledakan bom di Kampung Melayu tidak hanya menyisakan trauma psikis. Para korban yang berada di sekitar lokasi kejadian juga mengeluhkan gangguan pendengaran.
Hal itu wajar, karena telinga termasuk salah satu organ tubuh yang rapuh dan sensitif. Pada prosesnya, gelombang suara yang masuk ke telinga menyebabkan getaran pada gendang telinga. Kemudian, getaran tersebut dikirimkan ke telinga bagian dalam untuk selanjutnya diterjemahkan oleh otak sebagai sebuah suara.

Gangguan Pendengaran

Berdasarkan studi dari Stanford University School of Medicine, suara ledakan bom dapat menyebabkan hilangnya pendengaran, yang bahkan bisa bersifat permanen. Hal ini karena suara ledakan bom tersebut menyebabkan kerusakan sel saraf dan gendang telinga secara permanen.

Semakin dekat dengan lokasi kejadian, maka kerusakan pada telinga akan semakin parah. Diketahui bahwa seseorang akan mengalami hal itu jika dirinya berada kurang dari 30 meter dari lokasi kejadian.

Selain gangguan pendengaran, keluhan yang sering terjadi akibat ledakan bom adalah telinga berdenging. Penelitian di University Hospital of Helsinki menyebutkan bahwa orang yang berada di sekitar lokasi ledakan bom juga dapat mengalami keluhan telinga berdenyut sebagai akibat dari kerusakan sel rambut di telinga bagian tengah.

Bisa Diatasi

Berita baiknya, kerusakan akibat robekan kecil di gendang telinga dapat sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan tindakan medis tertentu.

Namun bukan berarti Anda boleh menganggap remeh kondisi ini. Sebab pada kasus tertentu, kerusakan yang terjadi di telinga akibat mendengar ledakan bom hanya dapat ditangani dengan tindakan operasi.

Maka dari itu, jika Anda sempat mendengar ledakan bom dan mengalami penurunan pendengaran, keluar cairan atau darah dari telinga, pusing atau telinga berdenging, segera bawa diri untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT. Jangan abai, karena kondisi ini bisa menyebabkan gangguan pendengaran permanen.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar