HomeGaya hidupDiet dan NutrisiInilah Menu Sahur yang Sehat saat Berpuasa
Diet dan Nutrisi

Inilah Menu Sahur yang Sehat saat Berpuasa

dr. Dyan Mega Inderawati, 26 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kunci kelancaran puasa ada pada makanan yang disantap saat sahur. Apa saja menu sahur yang sehat saat berpuasa?

Inilah Menu Sahur yang Sehat saat Berpuasa

Kunci kesegaran dan kebugaran tubuh selama menjalani ibadah puasa terletak pada menu sahur. Dengan pilihan makanan yang tepat, Anda bisa menjalani puasa tanpa hambatan. Pastikan menu sahur yang sehat tersaji di meja makan keluarga Anda. Apa saja menu sahur yang sehat?

1. Karbohidrat kompleks

Apa bedanya kerbohidrat kompleks dengan karbohidrat sederhana? Karbohidrat kompleks dicerna lebih perlahan dan energi yang dikandungnya juga dilepaskan dengan bertahap.Karena itu, konsumsi karbohidrat kompleks saat sahur akan menjaga tubuh tetap berenergi sepanjang hari. Contoh karbohidrat kompleks yaitu nasi merah, nasi hitam, dan kentang yang direbus dengan kulitnya.Mekanisme kerja kerbohidrat kompleks berbeda dengan karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana melepaskan energi dalam jumlah besar secara singkat, dan menurun drastis setelahnya. Contoh karbohidrat sederhana yang sebaiknya dihindari adalah nasi putih, roti putih, dan gula putih.

2. Protein

Protein merupakan nutrisi wajib yang berfungsi menggantikan sel-sel rusak. Dengan pergantian atau regenerasi ini, kerja seluruh sistem tubuh tetap terjaga optimal, sekalipun saat berpuasa.Untuk itu, pastikan menu sahur mengandung cukup protein. Bahan makanan yang tinggi protein yakni telur, ayam, ikan, tempe tahu, dan daging.

3. Serat

Agar pencernaan tetap sehat dan lancar selama bulan puasa, sediakan serat dalam menu sahur Anda. Serat dapat diperoleh dari sayur-sayuran, buah-buahan, gandum, biji-bijian dan kacang-kacangan.

4. Sayur dan buah

Selain kadar airnya tinggi, sayur dan buah juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang mampu menjaga kebugaran tubuh selama puasa. Variasikan jenis sayur dan buah saat sahur agar nutrisi yang diperoleh juga beraneka ragam dan terjaga kelengkapannya.Hindari buah yang rasanya masam karena akan memicu produksi asam lambung yang berlebih, apalagi bila dimakan saat perut dalam keadaan kosong.

5. Air putih

Cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum 4–6 gelas air putih saat sahur dan buka puasa. Pastikan air putih tak ditambah sirup atau gula. Dengan jumlah cairan yang cukup dalam tubuh, tubuh akan tetap sehat dan kuat selama puasa.

Nah, demikian tadi menu sahur yang sehat saat berpuasa. Tidak sulit kan menjaga kesehatan saat berpuasa? Pastikan Anda konsisten menjaga komposisinya, ya.

(BA/ RH)

Menu SahurpuasaSahur

Konsultasi Dokter Terkait