Sukses

Banyak Kuman Bersarang di Rumah Saat Musim Pancaroba

Berbagai penyakit menular bermunculan di musim pancaroba. Hal ini mungkin terjadi karena banyak kuman bersarang di rumah.

Klikdokter.com, Jakarta Musim pancaroba sudah di depan mata. Biasanya musim pancaroba datang bersamaan dengan wabah penyakit menular, termasuk diare, demam berdarah, dan tifus (tifoid).

Hal ini mungkin terjadi karena kuman penyebab penyakit bersarang di rumah. Mengapa banyak kuman bersarang di rumah saat musim pancaroba?

Salah satu alasannya yaitu karena kuman dari luar terbawa oleh anggota keluarga ke dalam rumah. Ayah, ibu, anak-anak serta beberapa orang lain yang tinggal di rumah pasti memiliki aktivitas di luar yang berbeda-beda.

Masing-masing anggota keluarga pasti melakukan kontak dengan orang lain entah di tempat kerja, sekolah, pasar maupun lingkungan lainnya. Tak hanya dengan orang, tapi juga banyak benda.

Kontak dengan orang lain atau benda-benda dapat menjadi sarana perpindahan kuman penyebab penyakit. Lalu setiap orang pergi ke mana setelah beraktivitas?

Tentunya, rumah. Nah, inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa rumah menjadi sarang kuman di musim pancaroba.

Bagaimana menangkalnya?

Untuk menangkalnya, biasakan menjaga kebersihan diri dengan rutin mandi. Selain itu biasakan mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan, makan, serta setelah dari kamar mandi, beraktivitas di luar ruangan, dan kontak dengan orang sakit.

Sebuah data menunjukkan angka penderita demam berdarah memang meningkat dengan datangnya musim pancaroba dan hujan. Karena itu sebelum musim pancaroba dan hujan tiba, terapkanlah program 3M yang dicanangkan Kementerian Kesehatan.

Sekedar mengingatkan, program 3M terdiri dari menguras tempat penampungan air, mengubur barang-barang yang dapat menampung air, dan menutup rapat tempat-tempat penampungan air.

Selain itu, barang-barang yang biasa digunakan bersama juga dapat menjadi tempat berkembang biak kuman. Berdasarkan The National Sanitary Foundation, tiga lokasi yang menjadi tempat kuman berkembang biak yaitu:

  • Dapur: spons cuci piring, alas potong, gagang keran, dan wadah bilas
  • Gagang pintu dan tombol lampu
  • Kamar mandi: lubang saluran air, keran, handuk dan sikat gigi

Dalam suhu dan kelembapan yang tepat, kuman dapat melahirkan satu generasi baru setiap 20 menit. Bayangkan berapa banyak keturunan yang dihasilkan dalam waktu 24 jam?

Karena itu, biasakan membersihkan barang-barang tersebut dengan larutan disinfektan agar tak ada lagi kuman yang bersarang di rumah, sekalipun di musim pancaroba.

(BA/ RH)

 

0 Komentar

Belum ada komentar