Sukses

Ingin Tetap Kuat Saat Puasa? Terapkan 5 Cara Ini

Meski sedang puasa, tubuh harus tetap kuat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Klikdokter.com, Jakarta Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk menghambat aktivitas sehari-hari. Stamina tetap harus terjaga meski sedang puasa. Agar tubuh tetap kuat saat puasa, terapkan beberapa pola hidup sehat berikut ini:

  1. Jangan lewatkan makan sahur

    Jika ingin tetap segar dan kuat selama puasa, Anda wajib menjalani sahur. Sahur merupakan kesempatan baik untuk membekali tubuh dengan makanan kaya energi dan nutrisi. Untuk sahur yang optimal, pastikan menu makanan mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, sayur, dan buah.

  2. Hindari beraktivitas di bawah terik matahari

    Banyak berativitas di bawah terik matahari akan menguras cadangan energi dan cairan dalam tubuh. Bila tak dapat dihindari, gunakan pelindung tambahan seperti topi atau payung supaya tidak dehidrasi berlebihan. Selain itu, pastikan cukup meminum air putih saat sahur dan berbuka puasa.

  3. Buka puasa secara bertahap

    Sistem pencernaan bekerja lebih lambat saat puasa. Karena itu, jangan kalap menyantap makanan saat berbuka puasa, ya. Asupan makanan dalam jumlah besar yang masuk secara tiba-tiba akan meningkatkan beban secara tiba-tiba pula, sehingga merusak ritme kerja sistem pencernaan.

    Beberapa butir kurma sesungguhnya sangat tepat untuk mengawali buka puasa. Kandungan gulanya yang pas akan segera mengisi kekosongan energi dalam tubuh.

    Kemudian selingi dengan meminum segelas air putih. Beberapa saat setelahnya barulah makan dengan menu makanan bergizi untuk mengembalikan kesegaran tubuh.4. Tetap berolahraga

    Anda memang tidak disarankan untuk berolahraga berat selama menjalani ibadah puasa. Namun bukan berarti kebiasaan baik ini harus ditinggalkan begitu saja. Tetaplah berolahraga setelah berbuka puasa sehingga tubuh tetap bugar selama menjalani ibadah puasa.

  4. Cukup minum air putih saat sahur dan berbuka

    Asupan air putih yang cukup adalah kunci agar tubuh tetap kuat selama puasa. Biasakan meminum air putih 8–12 gelas per hari. Ingat, 60 persen komposisi tubuh kita terdiri atas air. Tubuh akan lemas bila kekurangan asupan air putih saat puasa.

Yuk bekali diri dengan kiat-kiat tersebut agar tubuh tetap kuat saat puasa. Jangan biarkan ibadah puasa terhambat gara-gara tubuh lemas dan tak bertenaga.

(BA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar