Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Makan Udang dan Vitamin C Bersamaan Bisa Berujung Kematian?

Makan Udang dan Vitamin C Bersamaan Bisa Berujung Kematian?

Beberapa orang percaya bahwa makan udang bersamaan dengan vitamin C dapat menyebabkan kematian. Cek kebenarannya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Tidak sedikit kepercayaan yang beredar luas di masyarakat terkait makanan. Namun tak semua dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Salah satunya adalah rumor tentang makan udang dan vitamin C secara bersamaan yang konon bisa berujung kematian.

Faktanya, hingga saat ini tidak ada satupun penelitian yang membuktikan bahwa masuknya udang dan vitamin C bersamaan dalam tubuh dapat berujung pada kematian.

Senyawa arsen sempat dijadikan kambing hitam dalam kabar kematian seseorang setelah makan udang dan vitamin C bersamaan. Arsen sendiri merupakan senyawa kimia yang berbahaya bila masuk ke dalam tubuh dalam jumlah tertentu.

Gangguan kesehatan yang dapat ditimbulkan antara lain mual, muntah, nyeri perut, diare, kesemutan, keram, hingga kejang, dan kematian.

Udang, kerang, dan berbagai jenis makanan laut lainnya memang dapat mengandung arsen. Terlebih jika laut yang menjadi habitatnya banyak terkontaminasi produk buang dari pabrik.

Rata-rata air laut mengandung 1–2 mikrogram per liter. Sedangkan dosis minimal yang dibutuhkan untuk menyebabkan kematian adalah 70–200 mg. Jadi, konsumsi makanan laut dalam jumlah wajar, umumnya tidak akan mengakibatkan keracunan arsen.

Namun, sebagian orang percaya bahwa kandungan arisen dalam makanan laut akan meningkat jika dikonsumsi bersama vitamin C. Padahal, rumor ini sama sekali tidak benar. Sebab, vitamin C tidak ada hubungannya dengan kandungan arsen dalam makanan laut.

Faktanya, makan udang dalam jumlah yang wajar akan memberikan manfaat bagi tubuh. Sebab makanan laut yang satu ini merupakan sumber protein yang sangat baik.

Begitu juga dengan vitamin C yang sangat diperlukan untuk perbaikan sel tubuh. Tak hanya itu, vitamin yang satu ini juga berfungsi sebagai antioksidan.

Penjelasan ini menguak satu lagi mitos yang bisa menyesatkan masyarakat. Jadi, makan udang dan vitamin C bersamaan tidak terbukti berujung pada kematian.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar