Sukses

Makan Bayam dan Tahu Bersamaan Bisa Picu Kista?

Adakah hubungan antara makan bayam dan tahu bersamaan dengan kista ovarium?

Klikdokter.com, Jakarta Tersebarnya pesan berantai (broadcast message) yang provokatif mengenai kesehatan bukanlah hal baru. Namun, kali ini isinya mengimbau para wanita untuk tidak makan bayam dan tahu bersamaan karena dianggap dapat memicu kista.

Anda tak perlu menelannya bulat-bulat. Informasi tersebut merupakan hoaks yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Jika Anda memilih percaya hal tersebut, bersiap-siaplah untuk rugi. Sebab bayam dan tahu merupakan sumber nutrisi yang sangat baik. Keduanya memberikan efek yang menguntungkan bagi kesehatan.

Sayur bayam memiliki asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin. Zat-zat ini diketahui dapat melindungi kesehatan jantung, mencegah anemia, menghalangi kanker, dan membuat tulang lebih kuat.

Sementara itu, tahu mengandung protein, zat besi, isoflavon, dan vitamin E. Semua ini dapat melindungi tubuh dari kanker, menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’, serta mengendalikan kadar gula darah.

Mengetahui fakta tersebut, dapat diketahui bahwa makan bayam dan tahu bersamaan tidak menyebabkan kista. Kista yang dimaksud dalam broadcast message tersebut adalah kista dalam saluran reproduksi wanita (kista ovarium).

Kista ovarium adalah kantong yang berisi cairan yang terbentuk di ovarium. Sampai saat ini, penyebab kista ovarium belum diketahui. Namun, terdapat beberapa faktor yang berperan dalam meningkatkan kondisi ini. Contohnya usia, hormonal, kehamilan, dan infeksi di daerah panggul.

Faktor-faktor penyebab kista ovarium tersebut tidak berhubungan dengan asupan makanan sehat, khususnya sayur bayam dan tahu. Semoga fakta ini tidak membuat Anda bingung dan termakan hoaks lagi, ya!

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar