Sukses

Berjuta Manfaat Cokelat untuk Tubuh Anda

Tak hanya lezat dimakan, ada berjuta manfaat cokelat untuk kesehatan Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Anda penggemar cokelat? Hampir semua orang, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua, tampaknya sulit menolak makanan yang satu ini. Cokelat memang memiliki rasa yang khas dan nikmat. Selain enak, cokelat juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

  1. Kaya akan mikronutrien

    Selain mengandung delapan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh, cokelat juga mengandung berbagai vitamin, termasuk vitamin A, B1, B2, E, dan mineral, termasuk magnesium, zat besi, kalium, dan fosfor.

  2. Efek stimulan bagi tubuh

    Kakao, tanaman penghasil cokelat, memiliki beberapa komponen dengan efek stimulan pada tubuh, termasuk kafein, yang merupakan stimulan fisik, pencernaan, otak, teobromin, serta teofilin.

  3. Meningkatkan mood

    Beberapa kandungan dari cokelat juga dikenal memiliki efek antidepresan. Komponen feniletamin pada cokelat dikenal dapat meningkatkan mood seseorang. Selain itu, magnesium juga memiliki peran untuk menjaga keseimbangan mood agar tetap stabil.

  4. Mengandung antioksidan

Selain sayur dan buah, cokelat juga merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung antioksidan. Antioksidan dikenal melalui perannya dalam melindungi sistem kardiovaskular tubuh dan mencegah timbulnya kanker.

Cokelat memang membawa beberapa manfaat bagi kesehatan. Namun di balik itu tentu ada efek samping bila seseorang mengonsumsi cokelat secara berlebihan, salah satunya yaitu peningkatan berat badan. Seseorang akan mendapatkan manfaat cokelat bila mengonsumsinya dalam jumlah wajar.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar