Sukses

Minyak Ikan Bisa Cegah Baby Blues, Benarkah?

Minyak ikan diyakini bisa mencegah baby blues, suatu gangguan psikologis pasca melahirkan.

Klikdokter.com, Jakarta Tak ada yang lebih buruk bagi seorang ibu daripada memiliki baby blues. Apa sebenarnya baby blues itu?

Baby blues adalah gangguan psikologis pasca melahirkan. Gejalanya berupa perubahan mood atau suasana hati, mudah lelah, mudah merasa sedih, sulit berkonsentrasi, dan sebagainya.

Kondisi ini biasa terjadi mulai hari ketiga hingga hari kesepuluh setelah melahirkan, dan berakhir dalam waktu dua minggu. Jika tidak segera ditangani, maka bisa berkembang menjadi depresi.

Selain karena perubahan kadar hormonal, baby blues juga berhubungan dengan kurangnya asupan DHA selama kehamilan. Inilah alasan mengapa konsumsi DHA sangat penting saat hamil.

Tubuh tidak dapat menghasilkan DHA sendiri. Untuk itu, diperlukan asupan DHA yang cukup dari luar. DHA bisa diperoleh dari minyak ikan alami, seperti yang terdapat pada salmon maupun melalui suplemen yang mengandung minyak ikan.

Minyak ikan dapat melindungi sel saraf terhadap reaksi peradangan akibat stres. Selain itu, minyak ikan juga dapat menghasilkan efek antidepresi, karena perannya dalam mengendalikan fungsi serotonin atau zat kimia dalam otak.

Tak hanya berguna untuk kesehatan mental ibu hamil, minyak ikan juga bagus untuk membantu perkembangan sistem saraf janin.
Sudah tahu, kan, kalau minyak ikan dapat menurunkan risiko baby blues? Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai memperhatikan asupan DHA selama kehamilan. Dengan demikian, Anda bisa terhindar dari baby blues.

[RS]

 

0 Komentar

Belum ada komentar