Sukses

Cegah Nyeri Sendi dengan Makan Makanan Ini

Tahukah Anda bahwa nyeri sendi dapat dicegah dengan konsumsi makanan tertentu?

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian orang, nyeri sendi adalah penyakit menakutkan karena dapat mengganggu produktivitas sehari-hari. Nah, agar Anda tidak mengalami ini, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan makan. Lho, kok bisa?

Tentu bisa. Karena pada dasarnya, beberapa jenis makanan terbukti efektif menghambat proses peradangan, menguatkan tulang, serta menunjang fungsi sistem daya tahan tubuh. Beberapa makanan yang dimaksud adalah:

  1. Ikan atau minyak ikan

    Sebagian jenis ikan mengandung banyak omega-3, yang dapat menghambat proses peradangan. Para pakar menyarankan untuk mengonsumsi setidaknya 3 sampai 4 ons ikan sebanyak 2 kali dalam seminggu. Jenis ikan yang bisa Anda jadikan pilihan adalah salmon, tuna, dan ikan kembung.

  2. Kedelai

    Kedelai, baik dalam bentuk biji maupun olahan –seperti tahu, juga kaya akan omega-3. Selain itu, kedelai juga memiliki kandungan lemak yang rendah, serta protein dan serat yang tinggi.

  3. Produk susu

    Berbagai produk susu, termasuk yoghurt dan keju, kaya akan kalsium dan vitamin D. Keduanya sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot, serta menunjang sistem daya tahan tubuh.

  4. Jeruk

    Jeruk, dan juga buah-buahan sitrus lain –seperti lemon dan jeruk bali, sangat kaya akan vitamin C. Penelitian yang ada menunjukkan bahwa kandungan vitamin C yang cukup dalam tubuh dapat mencegah radang sendi.

Sebenarnya, selain makanan yang sudah disebutkan, masih terdapat banyak makanan lain yang diketahui baik untuk persendian. Misalnya, buah ceri, teh hijau, brokoli, dan kacang-kacangan.

Di antara makanan tersebut, mana yang jadi favorit Anda? Jangan lupa untuk selipkan dalam menu sehari-hari, ya. Dengan begitu, nyeri sendi tidak akan datang menghampiri Anda.

(NB/MFW)

0 Komentar

Belum ada komentar