HomeInfo SehatJantungMinyak Ikan Alternatif Menurunkan Risiko Penyakit Jantung!
Jantung

Minyak Ikan Alternatif Menurunkan Risiko Penyakit Jantung!

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 21 Mei 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Mengonsumsi minyak ikan dapat menjadi alternatif menurunkan risiko penyakit jantung!

Minyak Ikan Alternatif Menurunkan Risiko Penyakit Jantung!

Saat ini banyak orang meninggal akibat penyakit jantung lantaran telah terjadi pergeseran pola hidup menjadi sedenter. Pola hidup sedenter meliputi pola makan tidak sehat dan jarang melakukan olahraga.Pola hidup sedenter ini meningkatkan risiko terkena penyakit jantung secara signifikan. Jika karena tuntutan hidup Anda terpaksa menjalani pola sedenter, atur ulang kembali prioritas hidup Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan masukan untuk mengambil suplemen yang telah mendapat rekomendasi untuk dikonsumi.

Minyak ikan misalnya. Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Omega-3 minyak ikan mengandung docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentanenoic acid (EPA). Asam lemak omega-3 bisa didapat dari ikan makarel, tuna dan salmon. Jadi, carilah sumber asam lemak omega-3 dari berbagai ikan ini.

Beberapa badan kesehatan telah merekomendasikan konsumsi asam lemak omega-3 untuk pencegahan penyakit jantung. Saat ini sudah banyak sediaan suplemen yang menyediakan manfaat baik dari minyak ikan dalam bentuk kapsul. Untuk minyak ikan dalam bentuk kapsul, Anda dapat mencoba produk yang menyediakan 700-1,000 mg EPA dan 200-500 mg DHA.

Meski demikian, pencegahan penyakit jantung tidak dapat dicapai secara optimal hanya dengan mengonsumsi minyak ikan. Diperlukan pencegahan penyakit jantung secara holistik diantaranya:

1. Diet yang sehat

Pilihlah makanan dengan kandungan yang tinggi sayur dan buah. Hindari makanan dengan kadar lemak tersaturasi tinggi yang banyak dijumpai pada makanan yang digoreng (makanan cepat saji).

2. Olahraga teratur

Olahraga dan menjaga berat badan Anda dalam rentang berat badan yang ideal adalah cara lain untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Jika usia Anda sudah menginjak 40 tahun, Anda dapat memeriksakan diri Anda untuk mengetahui apakah Anda memiliki berbagai faktor risiko penyakit jantung seperti diabetes mellitus dan tekanan darah tinggi. Pemeriksaan darah juga dapat dilakukan untuk menilai kadar kolesterol Anda. Dengan deteksi dini faktor risiko ini, maka penanganan secepatnya dapat dilakukan untuk menurunkan risiko penyakit jantung Anda.

Pencegahan penyakit jantung dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan mengonsumsi minyak ikan. Namun, menerapkan pola hidup sehat dapat menurunkan risiko penyakit jantung secara optimal. Sayangi jantung Anda dari sekarang!

Minyak IkanRisiko Penyakit JantungPenyakit Jantung

Konsultasi Dokter Terkait