Sukses

Fakta di Balik Kode Warna pada Kemasan Pasta Gigi

Temukan makna kode berwarna-warni pada kemasan pasta gigi di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa waktu lalu beredar peringatan mengenai kode warna pada ujung kemasan pasta gigi. Kode berwarna merah, hijau, biru, dan hitam tersebut dianggap sebagai tanda kandungan bahan di dalamnya.

Kabarnya, biru menandakan bahwa pasta gigi mengandung bahan natural dan obat-obatan. Warna hijau menandakan kandungan natural. Warna merah menandakan adanya bahan natural ditambah bahan kimia. Sedangkan warna hitam menandakan bahwa pasta gigi mengandung bahan kimia murni.

Informasi ini kurang dapat dipercaya karena kandungan yang disebut-sebut natural dalam pasta gigi sebenarnya juga terbuat dari bahan kimia. Selain itu, yang dimaksud dengan kandungan obat-obatan pun tidak dipaparkan secara spesifik.

Faktanya, kode warna yang terdapat pada ujung kemasan tidak ada hubungannya dengan kandungan bahan di dalam pasta gigi. Kode warna tersebut semata-mata hanya tanda (eye marks atau color marks).

Tujuan pemberian eye marks itu sendiri agar sensor pada mesin pembuat kemasan pasta gigi mengetahui di mana posisi yang tepat untuk memotong, melipat, dan menyegel (hotpress) kemasan dengan kecepatan yang tinggi.

Selain itu, kode warna tersebut juga berfungsi untuk membantu mesin mengetahui bagian atas dan bawah. Bagian atas berisi logo dan nama merk produk, sedangkan bagian bawah berisi informasi kandungan bahan didalamnya.

Untuk membuktikannya, Anda bisa memeriksa kode warna tersebut dan akan terlihat bahwa bagian akhir kode warna persis di ujung tepi kemasan. Kode warna tidak hanya berwarna merah, biru, hijau, dan hitam, tetapi juga terkadang tak terlihat warnanya.

Lantas mengapa warnanya berbeda-beda? Semua itu bergantung pada kemampuan masing-masing sensor mesin pembuat kemasan pasta gigi.

Karena itu, Anda tidak perlu ragu untuk mendapatkan manfaat dari pasta gigi. Untuk memastikan kandungan bahan di dalam pasta gigi, Anda hanya perlu melihatnya di bagian bawah kemasan.

[BA/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar