Sukses

4 Kebiasaan Sehat yang Justru Bikin Gemuk

Tanpa disadari, ternyata ada kebiasaan sehat yang justru bikin gemuk.

Klikdokter.com, Jakarta Tren gaya hidup sehat kini tengah berkembang di kalangan masyarakat. Mulai dari maraknya lomba lari maraton, festival olahraga, hingga berbagai makanan unik dan tidak bikin gemuk yang dijual di pasaran.

Namun tanpa disadari, ada beberapa kebiasan sehat yang justru bikin gemuk. Berikut empat di antaranya:

  1. Minum smoothies

    Smoothies atau minuman yang terbuat dari campuran buah-buahan dengan susu atau yogurt kerap menjadi minuman bebas rasa bersalah di kala diet. Minum bergelas-gelas pun terasa aman, tanpa khawatir bikin gemuk. Padahal, smoothies termasuk minuman yang memiliki kalori tinggi, lho!

    Misalnya, segelas smoothies dengan campuran semangka, stroberi dan yoghurt rendah lemak terdiri atas 149 kalori. Ini hampir sama dengan semangkuk nasi putih.
    Agar berat badan tidak meningkat, sebaiknya batasi konsumsi smoothies, dan ganti susu atau yogurt dengan yang rendah lemak.

  2. Makan energy bar

    Energy bar kerap menjadi penyelamat di kala lapar atau sekadar ingin ngemil. Iming-iming camilan sehat pun membuat Anda tak ragu untuk menyantapnya sering-sering.

    Meski energy bar terdiri atas bahan-bahan yang sehat seperti granola atau buah-buahan, tetap saja Anda harus membatasi konsumsinya agar tidak bikin gemuk. Sebab 1 buah energy bar umumnya terdiri dari 100-140 kalori.

  3. Tidur lebih dari 9 jam

    Tidur memang baik untuk kesehatan, karena dapat menjaga metabolisme tubuh tetap baik. Namun, berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Sleep, seseorang yang tidur lebih dari 9 jam setiap hari selama 6 tahun memiliki kecenderungan 21% lebih tinggi mengalami obesitas dibandingkan dengan yang tidur hanya 7–8 jam.

  4. Mengisi piring hanya dengan salad

    Salad yang terdiri dari sayur atau buah-buahan memang baik dikonsumsi jika Anda sedang diet. Tapi, jika hanya makan salad tanpa makan yang lainnya, maka Anda akan semakin mudah lapar. Alhasil, Anda pun cenderung makan berlebihan di waktu makan berikutnya.

Karena itu, Anda dianjurkan untuk mengisi setengah piring Anda dengan sayuran, seperempat protein, dan seperempat karbohidrat. Jangan lupa pilih karbohidrat dan protein yang mengenyangkan namun rendah kalori, ya!

Mana di antara empat kebiasaan di atas yang tanpa disadari sering Anda lakukan? Yuk, mulai batasi, agar Anda tidak gemuk kemudian!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar