HomeInfo SehatJantungAwas, Hipertensi Bisa Mengusik Hubungan Intim Anda
Jantung

Awas, Hipertensi Bisa Mengusik Hubungan Intim Anda

dr. Kartika Mayasari, 05 Sep 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Penyakit hipertensi dapat memengaruhi gairah hubungan intim Anda bersama pasangan. Kok bisa? ini penjelasan secara medisnya:

Awas, Hipertensi Bisa Mengusik Hubungan Intim Anda

Penyakit hipertensi dapat mengganggu segala aktivitas sehari-hari, termasuk dalam hubungan intim. Beberapa penderita akan kesulitan ereksi atau mengalami frekuensi bercinta yang menurun. Mengapa bisa demikian?

Seiring dengan berjalannya waktu, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dalam waktu yang cukup lama akan merusak lapisan pembuluh darah. Arteri pun dapat mengeras dan menyempit.

Hal tersebut akan membatasi aliran darah, tidak terkecuali aliran darah pada penis. Ini berarti akan lebih sedikit darah yang bisa mengalir ke penis. Akibatnya, penderita akan sulit mencapai dan mempertahankan ereksi.

Tekanan darah tinggi juga dapat mengganggu ejakulasi dan mengurangi gairah seksual. Terkadang obat yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi juga memiliki efek yang sama.

Kondisi-kondisi ini tentunya dapat menimbulkan kegelisahan dan ketakutan untuk berhubungan intim. Tak hanya penderita yang terganggu, tetapi juga pasangan. Masing-masing akan sulit untuk menikmati hubungan intim dan meraih klimaks.

Pengaruh Terhadap Wanita

Sementara itu, pada wanita, efek tekanan darah tinggi terhadap masalah seksual belum sepenuhnya dipahami oleh para ahli. Namun, mungkin saja tekanan darah tinggi bisa memengaruhi kehidupan seks seorang wanita.

Ada yang berpendapat bahwa tekanan darah tinggi dapat mengurangi aliran darah ke vagina. Bagi beberapa wanita, hal ini menyebabkan penurunan gairah seksual, kekeringan vagina, atau kesulitan mencapai orgasme.

Untuk itu, harap waspada bila Anda memiliki hipertensi. Segera berikan pengobatan sebelum penyakit ini mengusik hubungan intim Anda.

Bagi kalian yang memiliki masalah mengenai tekanan darah tinggi, tidak perlu khawatir dan repot, konsultasikan mengenai penyakit kalian ke dokter secara langsung, atau kalian bisa konsultasi online terlebih dahulu untuk mengetahui secara pasti mengenai penyakit kalian.

Caranya cukup dengan menginstal Aplikasi Klikdokter, kalian dapat dengan mudah konsultasi dengan dokter-dokter spesialis, sehingga hasil diagnosa menjadi cukup akurat hingga tekanan darah kembali normal.

[RS/RH]

Hubungan SeksualHubungan IntimHipertensi

Konsultasi Dokter Terkait