Sukses

Kiat Tubuh Tetap Bugar dengan Menu Makanan Sehat

Ketahui cara mengatur menu makanan sehat agar tubuh tetap bugar dan berenergi setiap hari.

Klikdokter.com, Jakarta
Anak menghabiskan rata-rata 8–10 jam per harinya untuk bekerja. Memiliki tubuh yang bugar dan berenergi di tengah aktivitas yang begitu padat menjadi hal yang wajib. Karena itu, diperlukan asupan makanan sehat tiap harinya.

Makanan sehat merupakan makanan dengan komposisi gizi seimbang yang dapat memenuhi kebutuhan kalori harian. Kebutuhan kalori tiap orang bervariasi rata-rata 2000–2500 kkal tergantung jenis kelamin dan aktivitas sehari-hari.

Seperti apa komposisi gizi seimbang makanan sehat itu? Inilah kandungan gizi yang harus Anda penuhi dalam setiap menu makanan sehat harian:

  • Karbohidrat

    Hindari konsumsi karbohidrat dari gula sederhana seperti yang terdapat pada minuman manis, makanan pencuci mulut siap saji, dan permen. Makanan ini tinggi kalori namun rendah nutrisi.

    Pilihlah jenis karbohidrat kompleks yang tinggi serat, seperti gandum, beras merah, kentang, sereal, termasuk sayur dan buah-buahan.

  • Protein

    Protein penting untuk kerja berbagai enzim dalam tubuh. Bahan makanan tinggi protein antara lain daging merah, ikan tuna, ikan salmon, dada ayam tanpa kulit, susu dan produk olahannya (keju dan yogurt), kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai, termasuk olahannya seperti susu kedelai, tahu, dan tempe.

  • Lemak

    Hidup sehat bukan berarti tak memerlukan lemak. Begitu juga dengan menu makanan sehat yang juga perlu kandungan lemak. Namun, tentu saja yang Anda perlukan adalah lemak yang sehat yaitu asam lemak tak jenuh. Asam lemak jenis ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan lemak jahat dalam tubuh. Dengan demikian risiko penyakit jantung pun dapat berkurang. Asam lemak ini terdapat dalam minyak kedelai, minyak jagung, beragam jenis ikan seperti ikan tuna, sarden, dan salmon.

  • Vitamin dan Mineral

    Vitamin dan mineral disebut sebagai mikronutrien. Tubuh tak bisa memproduksinya sendiri. Padahal keduanya diperlukan oleh tubuh.

    Vitamin dan mineral banyak terkandung dalam buah-buahan. Vitamin diperlukan untuk menjaga kekebalan tubuh, seperti vitamin C. Untuk itu, pastikan zat ini selalu ada di menu harian Anda.

  • Air

    Air memang tak mengandung kalori, tetapi 55%–65% berat tubuh terdiri dari air. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan cairan Anda selalu tercukupi yaitu 2–3 liter per harinya.

Kombinasikan bahan makanan di atas ke dalam menu harian Anda. Selain itu, Anda dapat mengonsumsi camilan sehat kaya nutrisi seperti buah (buah potongan atau jus buah tanpa pemanis) atau protein seperti keju atau yogurt.

Makanan sehat dan bergizi seimbang menjadi bahan bakar yang baik untuk aktivitas padat anak sehari-hari, dan membuat proses tumbuh-kembang anak dalam kondisi optimal. Lengkapi kebutuhan enegi harian anak dengan meminum segelas MILO setiap sarapan.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar