Sukses

Pola Makan Sehat untuk Anak yang Aktif Berolahraga

Bingung mengatur pola makan si Kecil yang aktif berolahraga? Simak kiat dari kami.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap anak perlu asupan makanan bergizi seimbang, khususnya mereka yang aktif berolahraga. Pola makan sehat kaya gizi diperlukan selain untuk tumbuh kembang, juga menggantikan energi yang terpakai saat aktivitas fisik berolahraga.

Tapi sebelum memulainya, Anda perlu mengetahui kebutuhan kalori harian anak sesuai usianya. Umumnya anak usia sekolah (4–13 tahun) memerlukan 1400-2200 kalori per hari. Nilai ini tentu bervariasi bergantung pada jenis kelamin dan aktivitas sehari-hari. Anak yang rutin berolahraga tentu memerlukan energi yang lebih banyak.

Lantas, bagaimana aplikasi angka-angka kalori tersebut dalam bentuk makanan? Anda tak perlu bingung karena dengan mengetahui lima jenis makanan berikut Anda dapat memastikan anak memperoleh kalori yang cukup.

  • Golongan serealia (gandum)

    Anda dapat memberikan produk gandum utuh maupun olahan gandum lainnya sebagai sumber karbohidrat anak. Nasi merah, oatmeal, roti gandum, sereal, dapat menjadi pilihan.

  • Sayur-sayuran

    Pilihlah sayuran hijau seperti brokoli, bayam, pakcoy, sawi hijau atau sayuran berwarna merah dan oranye seperti tomat, labu kuning, labu parang, kabocha.

  • Buah-buahan

    Buah-buahan lokal seperti apel, alpukat, pisang, pepaya, mangga, melon, dapat menjadi menu pilihan sebagai camilan sehat untuk anak. Pastikan setengah dari porsi makan anak terdiri dari sayur dan buah.

  • Protein hewani dan nabati

    Protein merupakan zat pembangun tubuh yang diperlukan anak untuk pertumbuhannya. Umumnya, anak memerlukan protein sebanyak 0,5–1 gram per harinya.

    Protein hewani didapat dari daging sapi, kambing, ayam, beragam jenis ikan, dan telur. Sementara protein nabati diperoleh dari kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hijau, buncis, kacang kedelai, tahu dan tempe.
  • Produk Susu

    Sebagai sumber kalsium, Anda dapat memberikan susu atau produk olahannya seperti keju, yogurt, dan puding susu.

Selain kelima bahan makanan tersebut, pastikan asupan cairan anak selalu tercukupi dengan menyediakan air putih selama anak aktivitas berolahraga. Selain memastikan kecukupan energi anak dengan makan makanan bergizi seimbang, lengkapi kebutuhan energi anak dengan segelas MILO setiap sarapan. Selamat berolahraga!

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar