Sukses

Mengungkap Fakta di Balik Sakit Kuning

Sakit kuning sering dikaitkan dengan penyakit hati. Benarkah hal demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Sakit kuning dalam bahasa medis dikenal dengan istilah ikterus atau jaundice. Umumnya penderita yang mengalami penyakit tersebut terlihat perubahan warna pada bagian mata dan kulit. Perubahan warna juga dapat terjadi pada cairan tubuh.Sebenarnya ikterus bukanlah penyakit namun merupakan gejala dari penyakit yang memberikan gambaran warna kuning. Perubahan warna kuning terjadi lantaran kadar bilirubin yang meningkat.

Bilirubin merupakan pigmen merah kekuningan yang terbentuk secara natural pada pemecahan sel darah merah pada peredaran darah dan hati. Selanjutnya pigmen tersebut, akan dikeluarkan melalui empedu dan saluran pencernaan yang akhirnya akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine dan feses.

Kadar bilirubin dapat meningkat pada orang dewasa ketika terdapat masalah pada proses metabolisme atau pengeluaran pingem dari tubuh. Terdapat tiga pembagian penyebab dari sakit kuning, yaitu sebelum organ hati (pre-hepatic), di organ hati (hepatic) dan setelah organ hati (post-hepatic).

Pada pre-hepatic, biasanya terjadi masalah dengan pemecahan sel darah merah. Pemecahan sel darah merah yang berlebihan (hemolisis) dapat terjadi seperti pada penyakit malaria, thalasemia, dan transfusi darah.

Hal tersebut menyebabkan terlalu banyak bilirubin yang harus dimetabolisme pada organ hati. Akhirnya, kadar bilirubin meningkat memberikan gejala kuning.

Penyakit hati juga dapat memberikan gejala sakit kuning karena adanya kelainan pada proses metabolisme bilirubin atau pengeluarannya dari organ hati. Beberapa kondisi yang menyebabkan hal tersebut adalah infeksi hati (hepatitis), sirosis hati, obat-obatan atau racun lainnya dan kanker hati.

Pada post-hepatic, dapat terjadi masalah pada pengeluaran bilirubin dari hati ke kantong empedu dan saluran pencernaan. Kelainan fungsi pada saluran empedu, batu empedu, kanker pankreas atau kantong empedu merupakan penyebab post-hepatic jaundice.

Gejala sakit kuning belum tentu disebabkan penyakit hati. Karena itu, segera konsultasikan masalah kesehatan Anda ke dokter untuk dapat segera diberikan tindakan medis yang tepat.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar