Sukses

Kalbe Gelar Forum Edukasi Tentang Manajemen Klinik di Era BPJS

Menyikapi semakin berkembangnya era BPJS, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe), menyelenggarakan HJ Learning Forum bertema Clinic Management Talk.

Klikdokter.com, Jakarta PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui salah satu unit usahanya, Hexpharm Jaya, menyelenggarakan HJ Learning Forum bertema Clinic Management Talk. Presiden Direktur PT Hexpharm Jaya, Mulia Lie, mengungkapkan bahwa HJ Learning Forum dilakukan dengan tujuan agar para dokter memahami manajemen klinik, terutama klinik pratama agar dapat mendukung program pemerintah yaitu BPJS.

Hal ini sejalan dengan UU No. 24 tahun 2011 tentang warga negara Indonesia dan warga asing yang sudah berdiam di Indonesia selama minimal enam bulan wajib menjadi anggota BPJS. Pada tahun 2019, setiap warga Indonesia wajib memiliki BPJS.

Karena itu, ketersediaan Fasilitas Kesehatan Tingkat I dibutuhkan seiring dengan meningkatnya jumlah peserta BPJS. Klinik sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat I perlu memperhatikan hal ini dan menyediakan sarana dan prasarana, serta aspek penanganan yang praktis, cepat, dan mumpuni.

"Program BPJS mendapat respons yang cukup positif dari masyarakat, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya peserta BPJS, sehingga pola pelayanan klinik yang menyajikan layanan waktu antara pagi sampai malam alias 24 jam, merupakan pilihan masa depan peserta BPJS," kata Dewan Jaminan Kesehatan Indonesia, Prof. dr. Hasbullah Thabrany MPH., dr.PH.

“Hanya saja, para dokter perlu dibekali kemampuan manajemen klinik agar mampu mengelola klinik. Selama ini, dokter dilatih untuk menangani kasus-kasus klinik, tetapi bukan mengelola secara organisasi klinik,” lanjut Hasbullah. "Ini merupakan tantangan dokter untuk sukses di era BPJS.”

Selain itu, Mulia Lie menambahkan bahwa program BPJS yang telah memasuki tahun keempat ini telah memiliki jumlah peserta lebih dari 175 juta. "Dengan bertambahnya peserta program BPJS, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi. Dengan begitu, HJ Learning Forum ini diharapkan dapat mendukung peningkatan kualitas klinik di Indonesia," kata Mulia Lie.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian dan komitmen Kalbe dalam meningkatkan Indonesia yang lebih sehat sesuai dengan misi Kalbe. Acara yang diselenggarakan di Hotel Santika Premiere Kota Harapan Indah, Bekasi, pada 14 Mei 2017 ini dihadiri oleh lebih dari 150 dokter umum dan spesialis dari Jabodetabek.

"Ke depan, HJ Learning Forum ini juga akan diadakan di 7 kota yaitu Bekasi, Cirebon, Malang, Palembang, Padang, Solo, dan Tangerang," pungkas Mulia Lie. Diharapkan, forum ini dapat turut membantu kesuksesan program BPJS.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar