Sukses

Tanda Produk Perawatan Tidak Cocok dengan Kulit Anda

Sembarang menggunakan produk perawatan kulit bisa menyebabkan timbulnya reaksi kulit tertentu. Karena itu, kenali tanda-tandanya berikut ini

Klikdokter.com, Jakarta Tren merawat diri kini tak hanya dimonopoli oleh wanita saja tetapi juga pria. Ini terlihat dari banyaknya produk perawatan kulit yang dijual di pasaran dan menjamurnya di klinik kecantikan.

Namun, sembarang menggunakan produk perawatan kulit bisa menyebabkan timbulnya reaksi tertentu. Berikut ini beberapa di antaranya:

Ruam kemerahan

Ruam kemerahan memang bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satu penyebabnya adalah reaksi alergi terhadap produk perawatan tertentu. Pewangi, pengawet, dan kandungan pada produk tertentu bisa menyebabkan timbulnya kemerahan di kulit dan seringkali disertai dengan rasa gatal.

Jerawat

Timbulnya jerawat memang tidak selalu disebabkan oleh alergi akan produk tertentu. Namun jika Anda tidak cocok dengan suatu produk perawatan kulit, jerawat bisa timbul sebagai reaksi ketikdakcocokan kulit dengan kandungan produk.

Cobalah menunggu selama 2–3 minggu untuk kulit Anda beradaptasi dan lihat reaksi kulit Anda. Amati jika ada jerawat yang langsung muncul ketika Anda mengaplikasikan produk tertentu.

Kulit kering dan tertarik

Beberapa produk, seperti yang mengandung asam retinoat atau derivat vitamin A lainnya memang bisa menimbulkan reaksi kulit menjadi kering. Namun kulit yang kering dan seperti tertarik Anda rasakan setelah menggunakan produk tertentu, bisa jadi Anda tidak cocok.

Penggunaan sabun muka yang tidak tepat seringkali menyebabkan keluhan ini. Jika dibiarkan maka lapisan minyak alami kulit dapat terkikis dan menyebabkan kulit menjadi kering, iritasi, dan dehidrasi.

Rasa terbakar

Beberapa krim C pembersih muka tertentu dan masker yang mengandung asam glikolat, asam retinoat, vitamin seringkali memberikan rasa menggelitik saat pertama diaplikasikan. Namun jika Anda merasakan sensasi terbakar dan nyeri saat diaplikasikan, hati–hati bisa jadi Anda tidak cocok dengan produk tersebut.

Gatal

Kulit Anda gatal dan merah setelah menggunakan krim atau produk perawatan kulit tertentu? Bisa jadi kulit Anda mengalami iritasi dan tidak cocok dengan kandungannya. Jika kulit Anda sensitif dan mudah mengalami alergi, hindari produk yang mengandung pewangi.

Hindari menggunakan sembarang produk perawatan kulit tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter. Karena itu, selalu teliti dan perhatikan kandungan dari produk sebelum Anda membelinya terlebih jika Anda memiliki riwayat alergi dan kulit sensitif.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar