Sukses

10 Jenis Fobia Aneh Tapi Nyata

Jenis-jenis fobia ini mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda. Meski aneh, fobia-fobia ini nyata.

Klikdokter.com, Jakarta Fobia merupakan reaksi ketakutan yang berlebihan dan tidak masuk akal. Reaksi fobia dapat beragam, baik yang hanya menggangu hingga melumpuhkan. Jenisnya tergantung tempat, situasi ataupun benda.

Berbeda dengan kecemasan secara umum, fobia lebih berhubungan sesuatu yang sangat spesifik. Penyebab dari fobia bisa karena genetik (keturunan) dan lingkungan (kejadian yang traumatik).

Biasanya, para penderita fobia cukup menyadari bahwa ketakutan mereka tidak masuk akal. Namun, seringkali mereka tak berdaya dan tak dapat berbuat apa-apa.

Berikut ini jenis-jenis fobia aneh tapi nyata yang menarik untuk Anda ketahui:

  1. Takut lobang

    Trypophobia adalah rasa takut akan benda berlubang seperti terumbu karang, kulit, daging, sarang lebah, kue donut, dan masih banyak lagi. Lubang membuat penderita merasa jijik dan dapat menyebabkan serangan panik.

  2. Takut waktu

    Waktu memang tidak dapat diputar balik. Orang normal biasanya menyadari dan mengerti hal tersebut. Namun, penderita chronophobia memiliki ketakutan akan waktu yang berlebihan. Fobia ini sering ditemukan pada narapidana di penjara dan orang lanjut usia.

  3. Takut makan

    Siapa yang tidak suka makan? Faktanya, ada orang yang takut akan hal ini. Phagophobia ternyata adalah fobia untuk menelan atau makan. Ketakutan ini sangat serius karena dapat menyebabkan malnutrisi. Beberapa penderita justru memilih tinggal di rumah sakit untuk hidup dengan diet cair.

  4. Takut udara

    Anemophobia adalah fobia akan udara. Wah, bagaimana bisa ya? Padahal udara sangat penting sebagai penyokong kehidupan. Jika Anda menderita fobia ini, mungkin Anda tidak mau bernafas karena takut udara mengalir pada paru-paru Anda.

  5. Takut hujan

    Hujan terkadang dapat memberikan rasa sejuk dan menyenangkan. Namun, untuk para ombrophobia, hujan adalah situasi yang sangat mengerikan. Penderita dapat mengurung diri dirumah ketika hujan dan bereaksi panik hingga berteriak.
1 dari 2 halaman

5 Fobia Lainnya

  1. Takut tidur

    Siapa yang tidak butuh tidur? Semua manusia tentu membutuhkan waktu istirahat tersebut. Namun, para penderita somiphobia mengalami fobia akan tidur. Mungkin mereka takut karena tidak dapat bangun kembali atau takut bermimpi buruk.

  2. Takut cahaya matahari

    Heliphobia sering disebut sebagai vampir karena takut akan cahaya matahari. Penderita phobia ini akan selalu mengurung diri didalam rumah ketika siang hari dan menutup semua celah agar tidak ada cahaya matahari yang masuk.

  3. Balon

    Banyak yang suka menutup telinga ketika balon pecah. Namun, hal itu adalah normal dan tidak menakutkan. Pada glophobia memiliki phobia akan balon. Mereka akan sangat ketakutan dan panik jika melihat atau dekat dengan balon.

  4. Warna kuning

    Xantophobia adalah ketakutan akan warna kuning. Bukan hanya melihat warna tersebut, penderita juga dapat panik saat mendengar warna kuning disebut. Penderita mungkin memiliki trauma semasa kecil sehingga kuning menjadi sangat mengerikan bagi mereka.

  5. Cermin

    Cermin sangat penting untuk menata diri. Para penderita catoptrophobia sangat takut jika melihat cermin. Hal ini mungkin berhubungan dengan suatu kepercayaan seperti akan bernasib buruk jika bercermin atau takut terhisap dan tinggal di dalam cermin.

Apakah Anda merasa memiliki ketakutan yang berlebih seperti yang dijelaskan di atas? Segera konsultasikan masalah ketakutan atau fobia Anda pada psikiater. Dengan demikian Anda akan mendapatkan pertolongan yang tepat.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar