Sukses

Mengenal Skin Tag, Bintil Menggangu di Tubuh

Punya bintil di bagian tubuh tertentu? Itu bukan tahi lalat atau jerawat, tetapi skin tag.

Klikdokter.com, Jakarta Kulit mulus adalah impian semua orang. Namun sering kali, kondisi ini sulit diraih karena didapati bintil di bagian tubuh tertentu. Ini bukan jerawat atau tahi lalat, melainkan skin tag. Pernah dengar?

Skin tag adalah pertumbuhan tumor jinak kulit, yang bentuknya kecil dan lembut. Ini dapat berupa tonjolan atau bintil-bintil di kulit, dengan ukuran 2 mm hingga 5 cm. Satu orang dapat memiliki satu hingga ratusan skin tag.

Mengapa bisa muncul?

Hingga saat ini, penyebab pasti skin tag belum diketahui secara pasti. Beberapa teori menyebutkan bahwa kondisi ini umumnya terjadi pada orang paruh baya yang obesitas (kegemukan).

Namun ada teori lain yang menyebutkan bahwa skin tag juga berhubungan dengan gesekan antar kulit. Sebab kondisi ini umumnya timbul di kelopak mata, leher, ketiak, lipatan paha dan bokong, serta di bawah payudara.

Adapun pendapat ahli lainnya menyebutkan bahwa bintil ini juga berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Sebab skin tag juga sering muncul pada wanita yang sedang hamil.

Hilangkan saja

Skin tag dapat hilang dengan sendirinya. Namun pada beberapa kasus, kondisi ini menetap dan menganggu penampilan serta kepercayaan diri orang yang memilikinya.

Merasa terganggu dengan kehadiran skin tag? Anda dapat mencoba mengikat pangkal bintil yang tumbuh hingga jaringan tersebut mati. Pada akhirnya, skin tag akan dapat terlepas. Perlu diingat, cara ini memberikan rasa nyeri, dan belum tentu berhasil.

Cara pasti untuk menghilangkannya adalah dengan tindakan elektrokauterisasi (bedah listrik), terapi laser CO2, dan memotong skin tag dengan atau tanpa bius. Tindakan ini hanya dapat dilakukan dengan bantuan tenaga ahli atau dokter spesialis kulit dan kelamin.
Sudah tahu ‘kan apa itu skin tag? Jadi, tidak perlu bertanya-tanya lagi akan kehadiran bintil di bagian tubuh tertentu ini.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar