Sukses

Amankah Mencabut Gigi Anak dengan Benang?

Perhatikan hal berikut sebelum mencabut gigi anak di rumah.

Klikdokter.com, Jakarta Mencabut gigi anak berbeda dengan mencabut gigi tetap. Gigi anak yang sudah sangat goyang sebenarnya dapat lepas sendiri. Karena itu, Anda tak perlu buru-buru menanggalkannya, kecuali gigi tetap sudah terlihat muncul di permukaan.

Jika Anda ‘memaksa’ gigi tersebut tanggal, pencabutan gigi dapat dilakukan di rumah. Namun, harus tetap dalam keadaan bersih dan steril.

Umumnya terdapat dua kategori jenis anak yang mengalami gigi goyang, menurut American Dental Association. Pertama, anak yang ingin segera giginya dicabut dan membutuhkan bantuan Anda. Selanjutnya, anak yang sama sekali tidak ingin Anda menyentuh giginya.

Nah, pencabutan gigi di rumah hanya boleh dilakukan pada kategori anak pertama. Tapi hindari melakukan pencabutan ketika akar gigi susu sebagian masih kuat. Hal ini dapat membuat akar gigi susu patah dan tertinggal, juga menimbulkan rasa sakit.

Prosedur Pencabutan Gigi
Sebelum mencabut gigi anak di rumah, pastikan ia memang ingin giginya dicabut. Jika sudah yakin, pertama-tama cucilah tangan Anda maupun anak dengan air dan sabun.

Kemudian, minta anak untuk mendorong-dorong gigi yang sudah goyang, baik dengan jari atau lidah. Jika anak tidak merasa sakit, artinya gigi siap untuk dicabut. Beri dukungan kepada anak untuk melakukan pencabutannya sendiri.

Lilitkan gigi anak dengan kasa steril, pastikan anak memegang gigi kuat-kuat. Beri kesempatan kepada anak untuk menarik giginya agar dirinya dapat mengontrol seberapa besar rasa sakit yang mampu ia terima. Ingatkan untuk menarik gigi dengan gerakan memutar supaya gigi tercabut dengan utuh.

Setelah gigi tercabut, letakkan kasa steril pada bekas pencabutan lalu instruksikan untuk menggigit kasa demi menghentikan perdarahan. Beritahukan bahwa wajar bila mengalami sedikit perdarahan.

Selanjutnya, Anda dapat menambahkan es batu untuk mengurangi rasa sakit dan membantu menghentikan perdarahan. Kasa steril yang dingin juga dapat mengurangi ketidaknyamanan yang terjadi.

Mencabut gigi anak dapat dilakukan dengan aman di rumah. Asalkan anak memang menginginkannya dan menggunakan alat-alat yang steril. Tidak perlu dengan benang dan pintu karena malah akan menambah rasa trauma.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar