Sukses

Dengan Vaksin, 10 Penyakit Berbahaya Ini Dapat Anda Cegah

Sadarilah pentingnya vaksin untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Klikdokter.com, Jakarta Vaksin merupakan salah satu cara terpenting untuk mencegah penyakit sekaligus menurunkan risiko komplikasi. Banyak sekali penyakit berbahaya yang dapat dilawan dengan pemberian vaksin.

Apa sajakah penyakit-penyakit tersebut?

  1. Difteri

    Difteri disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheria yang menyerang selaput hidung dan tenggorokan. Selain itu, bakteri ini mampu menyerang jantung, sistem saraf, dan ginjal hingga menyebabkan kematian.

  2. Pertusis

    Pertusis lebih dikenal sebagai batuk rejan atau batuk seratus hari. Penyakit ini menginfeksi saluran nafas dan paru-paru serta mudah menular.

  3. Tetanus

    Penyakit ini sering dikaitkan dengan mereka yang terkena kontaminasi luka yang kotor. Penyebab penyakti ini adalah Clostridium tetani. Tetanus ditandai dengan otot yang menjadi kaku, bahkan bisa sangat kaku seperti papan.

  4. Campak

    Campak dikenal sebagai infeksi virus yang ditandai dengan munculnya ruam merah pada kulit. Dapat juga disertai demam yang cukup mengganggu.

    Dalam kondisi ringan, penyakit ini dapat sembuh tanpa obat-obatan khusus. Tetapi dalam kondisi berat dapat menimbulkan komplikasi berupa infeksi otak.

  5. Hepatitis B

    Hepatitis B adalah infeksi pada hati yang disebabkan virus Hepatitis B. Jika sudah kronis makan dapat menimbulkan gagal hati serta kanker hati. 
1 dari 2 halaman

Vaksin Lainnya

  1. Polio

    Polio adalah penyakit virus yang menyerang sistem saraf. Penyakit ini dapat menyebabkan kecacatan permanen hingga kematian.

  2. TBC

    TBC adalah penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini banyak diderita masyarakat Indonesia, terutama mereka yang tinggal di daerah padat penduduk.

  3. Pneumonia dan meningitis

    Penyakit ini disebabkan bakteri Streptococus pneumoniae dan menyerang paru-paru, selaput otak, bahkan peredaran darah. Komplikasi yang ditimbulkan berupa infeksi hebat di otak yang sulit disembuhkan hingga berujung kematian.

  4. Kanker servik

    Vaksin HPV dapat mencegah human papillomavirus yang merupakan faktor risiko kanker serviks. Vaksin ini sebaiknya diberikan sebelum seseorang aktif secara seksual.

  5. Dengue

    Dengue banyak menjangkit di daerah subtropis dan tropis, termasuk Indonesia. Meski belum banyak digunakan, vaksin dengue ini dapat mencegah empat tipe virus dengue.

Penyakit-penyakit tersebut dapat sangat berbahaya dan mematikan. Karena itu, untuk mencegahnya, segera jadwalkan kunjungan ke dokter untuk mendapatkan vaksinasi.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar