HomeInfo SehatKesehatan UmumBahaya Meninggalkan Air Kemasan di Dalam Mobil
Kesehatan Umum

Bahaya Meninggalkan Air Kemasan di Dalam Mobil

dr. Jessica Florencia, Sp.PK, 24 Sep 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Anda gemar meninggalkan air kemasan di dalam mobil? Hindari mengonsumsinya kalau tak ingin mengecap akibatnya.

Bahaya Meninggalkan Air Kemasan di Dalam Mobil

Air mineral dalam botol sering dijadikan pilihan praktis ketika bepergian. Hampir setiap orang memilih untuk membawa air mineral dalam kemasan ketika akan bepergian menggunakan mobil. Tak jarang, Anda akan menyimpan air mineral dalam mobil untuk waktu yang lama.

Kebutuhan air putih memang tidak bisa disepelekan. Meskipun begitu, meninggalkan air botol dalam mobil ternyata tidak dianjurkan, lho. Lalu, apa saja bahaya menyimpan air minum dalam mobil?

Menyimpan Air Minum di Dalam Mobil, Apa Bahayanya?

Sebenarnya tak ada masalah dengan air kemasan. Namun, yang sering kali menjadi masalah adalah botol yang digunakan. Kemasan botol air mineral pada umumnya menggunakan plastik yang mengandung bahan kimia.

Bahan kimia yang digunakan dalam botol plastik adalah polyethylene terephthalate (PET). Selain PET, ada pula botol plastik yang mengandung bisphenol A (BPA). Biasanya plastik berbahan BPA lebih keras dibanding yang berbahan PET.

Senyawa kimia BPA banyak digunakan dalam industri pembuatan plastik, tidak terkecuali botol air minuman yang kerap kali Anda konsumsi. Nah, apabila masuk ke dalam tubuh, bahan kimia ini dapat mengganggu aktivitas endokrin atau hormon.

Penelitian pada hewan menyebutkan bahwa BPA dalam jumlah berlebih di dalam tubuh dapat mengakibatkan gangguan pada perkembangan otak janin, gangguan kesuburan, bahkan gangguan metabolik.

Namun, hal ini tidak lantas menjadikan air minum dalam kemasan berbahaya. Menyimpan air mineral dalam mobil dapat membahayakan apabila air di dalam botol tersebut sudah terpapar suhu panas.

Bahaya Air Minum Kemasan yang Terkena Suhu Panas

Ketika Anda menyimpan air minum di mobil, botol plastik tersebut akan mengalami peningkatan suhu yang drastis dan terpapar oleh sinar ultraviolet. Hal inilah yang dapat menjadi bahaya menyimpan air minum dalam mobil.

Pasalnya, senyawa kimia (PET/BPA) dari botol plastik akan lepas dari dindingnya dan bercampur dengan air dalam botol. Proses ini dapat berlangsung dalam waktu satu jam sejak Anda tinggalkan.

Lantas, apa bahaya menyimpan air minum di mobil terkait dengan PET/BPA? Rupanya, kedua bahan itu dapat mengaktifkan hormon estrogen dan merusak struktur DNA sel payudara. Bila terjadi terus menerus, hal ini dapat berujung pada kanker payudara.

Kadar PET/BPA yang dilepaskan dan konsentrasi yang dapat menimbulkan kanker akibat hal tersebut memang belum dapat dipastikan. Namun, berbagai lembaga kanker dunia menyarankan untuk menghindari minum air kemasan dalam botol plastik.

Artikel Lainnya: Bahaya Minum Air Kemasan yang Terpapar Panas

Tips Menyimpan Air Minum Dalam Mobil

Fakta di atas tak berarti membuat Anda tak boleh minum air kemasan sama sekali. Usahakan segera meminumnya setelah segel dibuka. Hindari juga meninggalkannya di dalam mobil. Selain itu, ada dua hal lainnya yang perlu Anda perhatikan:

  • Pilih Air Minum Dalam Kemasan Berlabel BPA Free

Agar terhindar dari bahaya menyimpan air minum dalam mobil, Anda sebaiknya memilih kemasan air minum yang memiliki label BPA free.

Pasalnya, jika Anda meninggalkan air minum di dalam mobil, maka sangat mungkin air minum beserta dengan kemasannya terpapar suhu tinggi. Nah, dengan memilih kemasan dengan label BPA free, Anda akan terhindar dari meminum air yang telah tercemar uraian BPA.

  • Pindahkan Air Minum Dalam Kemasan ke Dalam Wadah Lain

Agar terhindar dari bahaya menyimpan air minum dalam mobil, Anda juga dapat memindahkan air minum dalam kemasan plastik ke dalam kemasan lain yang bukan plastik.

Bahan kemasan seperti stainless steel dapat menjadi alternatif untuk menyimpan air minum Anda, jika Anda sering menyimpan air minum di dalam mobil.

Dengan menyimpan air minum di dalam kemasan yang tidak mengandung BPA atau PET maka Anda dapat terhindar dari bahaya menyimpan air minum di mobil.

Kini Anda sudah mengetahui bahaya menyimpan air minum dalam mobil. Anda yang memiliki kebiasaan ini, sebaiknya hentikan segera jika tidak ingin terkena dampak negatifnya. Sebagai pencegahan, Anda dapat memilih produk berlabel BPA free ataupun memindahkan air ke dalam wadah lain.

Apabila memiliki pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lainnya, Anda dapat bertanya langsung kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

air kemasan

Konsultasi Dokter Terkait