Sukses

Kapan Seorang Bisa Dikatakan Awet Muda?

Menentukan awet muda atau tidaknya seseorang bukanlah perkara mudah. Namun secara umum, beberapa hal ini bisa menjadi kriterianya.

Klikdokter.com, Jakarta Apa yang muncul di pikiran Anda ketika mendengar kata ‘awet muda’? Apakah kulit yang tidak berkerut? Atau, jiwa muda yang masih membara meski usia sudah tua?
Berikut ini beberapa hal yang sring dijadikan criteria awet muda secara umum:

  1. Kondisi fisik

    Tubuh yang sehat sering dipandang sebagai cermin penampilan secara keseluruhan. Ini bisa dikenali dari tubuh yang terlihat lebih segar dan terhindar dari berbagai penyakit. Pada pria, tak jarang masa otot yang besar dan tubuh tegap juga dianggap sebagai tanda awet muda.

    Jika Anda belum memiliki kriteria yang satu ini, cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Selain itu, jangan lupakan berolahraga secara teratur.

  2. Kondisi psikologis

    Semakin bertambahnya usia, semangat untuk melakukan aktivitas juga akan semakin menurun. Di satu sisi, Anda dituntut untuk tetap melakukan aktivitas agar stamina tetap terjaga.

    Jika saat ini Anda merasa kurang bersemangat atau malas bergerak, bisa jadi Anda belum termasuk dalam kriteria awet muda. Ini karena semangat dalam beraktivitas merupakan modal awal untuk menjadi awet muda.

  3. Kondisi hormonal

    Semakin tua, hormon di dalam tubuh akan terus berkurang. Dalam hal ini, hormon yang dimaksud adalah testosteron, progesteron, dan estrogen. Jika Anda merasakan suatu perubahan besar dari dalam diri, sebaiknya berkonsultasilah kepada dokter agar dapat diberikan pemeriksaan darah khusus.

    Hasil pemeriksaan darah tersebut dapat menjadi dasar perlu atau tidaknya suplementasi hormon untuk menjaga kestabilan fungsi tubuh. Nah, kestabilan fungsi tubuh dapat membantu Anda melakukan 2 kriteria awet muda di atas.

Ingat, awet muda bukan hanya tentang kecantikan raga yang tidak pudar. Awet muda adalah jiwa yang penuh semangat dan aktif beraktivitas meskipun usia sudah tua.
Mau awet muda? Jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, berolahraga secara teratur, dan hidup dengan penuh semangat setiap hari.

(NB/RH)

0 Komentar

Belum ada komentar